Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia - Jika bicara soal jenis-jenis teks tentunya lekat kaitannya dengan pelajaran bahasa. Untuk anda yang masih dibangku sekolah tentunya teks sudah menjadi bagian dari pelajaran, anda dapt menemukan topik yang membahas teks dalam pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris. Teks sendiri adalah sebuah tulisan yang menceritakan atau memaparkan kejadian berdasarkan konteks dan tujuan dari teks tersebut. Teks terbagi menjadi berbagai jenis dan setiap jenis teks memiliki ciri-ciri yang berbeda, Dan kali ini saya akan membahas tentang Macam-macam teks lengkap dengan ciri-ciri dan struktur kalimatnya.

Pengertian Teks
Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, jenis dan contoh)

Beberapa orang berpendapat bahwa pengertian dari sebuah teks adalah media atau cara seseorang untuk mengungkapkan sebuah peristiwa secara komunikatif. Teks terbagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis memiliki ciri-ciri, struktur kalimat dan kriteria tertentu yang berbeda antara satu teks dengan yang lainnya. Kriteria teks bersifat objektif menyesuaikan dengan pengamatan seseorang, Untuk membedakan jenis-jenis teks yang pertama dan paling menonjol adalah dengan melihat struktur kalimatnya dan berikut adalah macam-macam jenis teks lengkap dengan pembahasan struktur kalimat dan ciri-cirinya.

Jenis-Jenis Teks Dalm Bahasa Indonesia

Teks Narasi

Teks Narasi adalah jenis teks yang berupa karangan tidak nyata atau fiksi, teks narasi biasanya menceritakan kisah yang sudah memiliki alur dan tahapan waktu berdasarkan keinginan sang penulis. Teks narasi sendiri sangat mudah untuk dikenali karena biasanya berisi cerita-cerita fiksi. Tujuan komunikatif dari teks Narasi adalah sebagai bahan bacaan atau hiburan bagi para pembacanya.

Struktur Teks Narasi :

Stuktur teks Narasi dapat dibagi menjadi 4 yakni Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Coda.
  1. Orientasi : Menggambarkan tentang tokoh dan karakter, latar dan alur dari cerita tersebut.
  2. Komplikasi : Berisi tentang pengenalan konflik atau masalah yang terjadi dalam cerita tersebut.
  3. Resolusi : Berisi tentang bagaimana akhir atau ending dari cerita. Akhir cerita sendiri dapat dibagi menjadi 2 yakni akhir bahagia dan akhir tidak bahagia.
  4. Coda : Coda adalah petuah atau nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks narasi tersebut yang diharapkan dapat diambil hikmahny oleh pembaca.
Baca Juga : Pengertian jan Jenis frasa
Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan atau memberi penjelasan tentang sebuah obyek entah itu obyek hidup atau mati dari sudut pandang tertentu yang bertujuan agar pembaca dapat merasakan pengalaman seperti dalam teks tersebut. Teks deskripsi memiliki tujuan komukatif untuk menyampaikan informasi secara rinci terkait dengan suatu obyek.
Struktur Teks Deskripsi :

Stuktur teks Deskripsi dibagi menjadi 2 yakni Identifikasi dan Deskripsi
  1. Identifikasi : berisi pengenalan secara umum dan menuju ke penjelasan yang lebih terperinci. 
  2. Deskripsi : berisi penjelasan yang lebih terperinci mengenai obyek yang dibahas dalam teks tersebut. Deskripsi dari obyek tersebut disampaikan melalui beberapa sub kategori. Sebagai contoh saat kita membahas tumbuhan maka akan ada sub kategori seperti jenis tumbuhan, lingkungan hidup dan lain sebagainya.
Teks Prosedur

Dari namanya tentunya kita sudah bisa menebak jenis teks apakah ini, teks prosedur adalah teks yang berisikan langkah-langkah atau prosedur untuk membuat atau melakukan sesuatu. Teks prosedur umumnya ditemui dalam bentuk tutorial seperti resep masakan, panduan membuat kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Tujuan dari teks prosedur adalah untuk memberikan petunjuk secara terperinci kepada pembaca tentang bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.

Struktur Teks Prosedur :

Stuktur teks prosedur dapat dibagi menjadi 3 yakni Tujuan, Bahan dan langkah.
  1. Tujuan : berisi tentang tujuan dari suatu kegiatan. Teks prosedur biasanya langsung dapat dikenali hanya dengan melihat judulnya saja, seperti contoh : Cara membuat..., Cara menjalankan..,
  2. Bahan : berisi tentang Bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan.
  3. Langkah : berisi tentang langkah atau panduan melakukan sesuatu.
Teks Laporan

Teks laporan adalah teks yang berisi tentang informasi atau laporan secara umum suatu obyek. Pembahasan yang dilakukan dalam teks laporan biasanya hanya secara umum atau berdasarkan pengamatan sepintas saja. Tujuan dari teks laporan sendiri adalah untuk menyampaikan suatu informasi secara umum kepada pembaca.

Struktur Teks laporan :

Stuktur teks laporan dibagi menjadi 2 yakni Klasifikasi umum dan deskripsi.
  1. Klasifikasi umum : berisi tentang pengelompokan informasi secara umum.
  2. Deskripsi : berisi tentang penjelasan informasi utama yang sudah dipilah menjadi beberapa sub kategori informasi yang tetap disampaikan secara umum.

Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang berbentuk karangan yang bersifat memaparkan kejadian atau informasi dan pengetahuan secara singkat, padat dan akurat. Teks eksposisi bersifat ilmiah atau non fiksi. tujuan dari teks eksposisi sendiri adalah untuk memaparkan suatu kejadian atau informasi kepada pembaca sejelas-jelasnya.
Baca Juga : 3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
Artikel Terkait : Pengertian, Contoh Dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Lengkap

Struktur Teks Eksposisi :

Struktur teks eksposisi terdiri dari tesis, argumen dan penegasan.
  1. Tesis : Tesis adalah pembukaan atau pengenalan dari suatu informasi didalam teks
  2. Argumentasi : adalah pokok bahasan yang dipaparkan.
  3. Penegasan : Penegasan pokok-pokok bahasan yang menguatkan pemaparan dari informasi tersebut.
Baca Juga : Teks Anekdot (pengertian, ciri dan contoh)

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini