Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri

Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri - Setelah kita memahami apa itu paragraf induktif dan deduktif maka kali ini kita akan mempelajari tentang apa itu paragraf campuran. Paragraf campuran adalah Paragraf yang diawali dengan kalimat yang mengemukakan gagasan utama kemudian disusul oleh kalimat-kalimat pendukung atau penjelas dan diakhiri juga oleh kesimpulan yang berisi gagasan utama pada kalimat di akhir Paragraf. Singkatnya paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan di akhir paragraf atau campuran dari paragraf induktif dan deduktif.
Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri

Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Paragraf Campuran

Seperti yang kita baca diatas bahwa paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan akhir paragraf dan merupakan kombinasi dari paragraf induktif dan paragraf deduktif.

Artikel Terkait : Paragraf Induktif dan Deduktif, Pengertian, Ciri, Dan Contoh

Ciri-ciri Paragraf campuran

Sama seperti paragraf induktif dan paragraf deduktif, paragraf campuran juga memiliki ciri-ciri untuk membantu kita mengidentifikasinya.

  • Memiliki kalimat utama pada kalimat di awal Paragraf dan kemudian diberi penekanan atau penegasan kembali pada kalimat di akhir paragraf.
  • Memiliki kata kunci yang bersisfat variatif atau dapat diulang-ulang dn diganti dengan kata kunci lain.

Pola Paragraf campuran

Setelah mengetahui ciri-ciri paragrafa campuran kini saatna kita mengetahui pola atau struktur kalimat dari paragraf campuran.

  • Diawali dengan kalimat umum,
  • Disusul dengan kalimat khusus,
  • Disusul dengan kalimat khusus
  • Diakhiri dengan kesimpulan yang menjelaskan gagasan secara umum.
Contoh Paragraf Campuran

Manusia adalah makhluk majemuk yang bersifat sosial. Artinya setiap aktivitas dalam kehidupan kita memerlukan manusia lainnya. Seperti contoh yakni dalam memenuhi kebutuhan pokok yang mendasar seperti makan, tentunya kita embutuhkan sosok orang lain seperti petani yang menanam beras di sawah untuk kita jadikan nasi nantinya, peternak yang berternak sapi atau ayam yang dapat kita ambl dagingnya, nelayan yang menangkap ikan di laut dan laiin sebagainya. Semua aktivitas yang kita lakukan setiap harinya tidaklah luput dari campur tangan orang lain. Bahkan sampai akhir hayat kita, kita masi memerlukan orang lain untuk mengurus kita.
Baca Juga : 5 Contoh Paragraf Induktif Terbaru
Untuk memenuhi kebutuhan dan melangsungkan hidupnya, makhluk hidup tentunya membutuhkan makanan. Binatang yang notabennya hidup di alam dibekali dengan insting untuk membantu mereka berburu makanan. Sama halnya hewan dan tumbuh-tumbuhan manusia juga memerlukan makanan untuk bertahan hidup dan tempat tinggal untuk melangsungkan hidupnya. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan pasti akan mati jika tidak mendapatkan makanan dan minuman yang cukup. Jadi dapat disimpulkan kalau semua makhluk hidup memerlukan makanan dan air untuk diminum.

Itulah pengertian, contoh, dan ciri-ciri dari paragraf campuran, hal yang terpenting yang harus anda ingat adalah paragraf campuran adalah kombinasi atau gabungan dari paragraf induktif dan paragraf deduktif, yang artinya paragraf campuran memiliki kalimat utama di awal dan di akhir paragraf.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Paragraf Campuran, Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini