6 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan

6 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan - Contoh teks eksposisi merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya yang berjudul Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi. Sekilas mengingat kembali pengertian teks eksposisi, teks eksposisi adalah salah satu teks dalam bahasa indonesia yang memiliki tujuan untuk memaparkan suatu kejadian berdasarkan pengalaman kepada para pembacanya. Sama seperti teks-teks lain pada umumnya teks eksposisi memiliki ciri-ciri khusus untuk membedakan dengan teks yang lainnya. Paragraf pertama biasanya berisi tesis atau latar belakang hal yang dibicarakan, disambung dengan argumentasi ang berisi tentang pokok bahasan dan diakhiri dengan paragraf penguat yang bertujuan memperkuat argumentasi.

Terdapat banyak sekali contoh teks eksposisi yang dapat kita pelajari, dan contoh tersebut dapat dikategorikan kedalam contoh teks eksposisi tentang pendidikan, politik, sosial, ekonomi budaya dan lain sebagainya.

Karena sifatnya yang terkesan mengekspose atau memaparkan, penggunaan teks eksposisi banyak digunakan didalam penulisan majalah, koran dan berbagai meda cetak lainnya. Pada kenyataannya tanpa harus mencari contoh teks eksposisi kita sudah kerap kali menggunakannya dalam percakapan kita sehari-hari. Seperti kita memberikan informasi secara rinci kepada teman, kita menjelaskan materi pada saat belajar kelompok dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan

3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan

Contoh teks eksposisi yang akan saya berikan kali ini tergolong kedalam teks eksposisi pendidikan, globalisasi, dan sosial budaya atau alam. Untuk lebih jelasnya simaklah ke 3 contoh dibawah ini.
Baca Juga : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Teks Eksposisi Tentang Globasisasi
Globalisasi ialah tindakan yang mendunia seolah tidak mengenal lagi batas geografis di antar negara.
Keterbukaan dan adaptasi dalam segala bidang kegiatan menandakan bahwa globali sasi telah meningkat pesat dari tahun ke tahun, mulai dari sosial, budaya, politik,yang berlangsung secara meluas dengan sasaran yang tepat.
Baca Juga : Pengertian, Struktur, Dan Contoh Teks Eksposisi
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai negara tentunya membutuhkan satu sama lain, namun tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi persaingan antar negara tersebut. Sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), hak asasi antara manusia dapat ditunjang dengan semakin berkembang pesatnya globalisasi. Sehingga masing-masing negara akan mendapatkan keuntungan dari negara lain seperti negara indonesia yang memasok daging sapi dari australia, maupun negara malaysia yang mengimport beras dari negara kita.

berdasarkan penuturan Anton ariska putra, "Globalisasi dapat membawa dampak positif pada berbagai bidang". Bidang-bidang tersebut diantaranya adalah :
  1. Bidang ekonomi, Dapat meningkatkan kualitas SDM karena akan membuka lapangan pekerjaan yang layak.
  2. Dalam bidang politik. Politik dengan asas demokrasi dimana setiap orang behak untuk memilih dan bersuar dapat ditegakkan.
  3. Dalam bidang sosial dan budaya. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi oleh masyarakat dan juga masuknya budaya asing ke Indonesia.
Dengan adanya globalisasi dapat menjadikan negara lebih maju yang nantinya akan meberikan dampak positif di berbagai sektor. Namun hal yang harus diingata dari globalisasi adalah kita harus memproteksi dri daari pengaruh negatif yang masuk.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Bunga Sepatu
Bunga sepatu merupakan bunga indah yang berwarna merah keputih-putihan, tidak berbau, dan memiliki daya tarik yang kuat karena kecantikannya. Seperti bunga lainna, bunga sepatu memiliki cairan nektar, oleh sebab itu banyak kupu-kupu akan menghinggapi bunga sepatu. Kupu-kupu memiliki hubungan yang erat dengan bunga sepatu, Kupu-kupu menghisap nektar untuk memenuhi makanannya, sedangkan dengan kupu-kupu menghisap nektar akan memberikan keuntungan pada bunga karena kupu-kupu membantu proses penyerbukan bunga. Proses yang saling menguntungkan ini disebut sibiosis mutualisme dimana setiap pihak saling diuntungkan.
Baca Juga : Teks Eksplanasi, Pengertian, Struktur, Dan Contoh
Dengan begitu kupu-kupu dapat bertahan hidup dengan menghisap nektar bunga dan bunga sendiri dapat berkembang biak dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh kupu-kupu. Maka dari itu kita harus melestarikan hewan dan tumbuhan disekitar kita.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Remaja
Sebelum beranjak ke masa dewasa tentunya anak-anak harus melewati masa remaja terlebih dahulu. Sedangkan usia remaja adalah usia dimana kita berumur kisaran 11 tahun sampai dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja bisa dikatakan berada dala fase rawan karena pengaruh baik maupun buruk dapat masuk dengan mudah. oleh karena itu fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja setelah dewasa.

Tidak hanya berkembang dari segi fisik namun remaja juga akan mengalami perkembangan psikis yang mengakibatkan mereka dapat bergejolak emosinya. Karena itulah remaja harus mampu mengendalikan diri di lingkungan baik di rumah maupun di sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Pada masa ini peran orang tua sangat diperlukan agar remaja nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Sudah terbukti bahwa dengan pendidikan karakter disekolah dapat membantu para remaja untuk menuju hal yang positif. Pendidikan karakter mengajarkan para remaja untuk hidup dengan berpegang teguh pada agama dan norma-norma yang berlaku.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi remaja untuk membantu mereka menuju hal yang positif. Dengan remaja yang positif tentunya akan memicu perubahan yang positif pula pada negara karena remaja adalah pewaris negara ini. Jika memiliki remaja yang berkualitas maka negara juga akan berkualitas juga.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Proses

Blog atau webblog merupakan laman yang terdapat di dunia maya yang menggunakan platform blog gratis, umumnya pengguna blog tau webblog akan memilih blogspot dan wordpress sebagai platformnya. Untuk dapat membuat blog, terlebih dahulu anda harus memiliki email aktif, gmail adalah salah satu layanan email milik google yang dapat kita gunakan.

Setelah selesai membuat akun gmail, maka kita harus membuat akun google plus sebagai syarat mendaftar blogspot. setelah syarat tersebut terpenuhi anda dapat membuat blog dengan mengklik create blog. Didalam blog anda dapat membuat artikel sama seperti artikel ini. mengklasifikasikanny menjadi beberapa label dan mulai submit ke google.

Disamping membuat artikel anda juga dapat memodifikasi template mengubahnya sesuai dengan keinginan anda. Ini termasuk dalam kategori kreatifitas. Jika anda melakukan browsing anda dapat mencari dan menemukan artikel tentang contoh teks eksposisi dan lain sebagainya.

Contoh teks eksposisi Tentang Perbandingan
Jika dibandingkan, orang yang gemar bersepeda adalah mereka yang umumnya tinggal di daerah pedesaan, orang desa biasanya memang sangat menghargai kelestarian alam dan lingkungan. Sebaliknya orang perkotaan biasanya lebih memilih menggunakan mobil untuk menunjang aktifitasnya. meskipun hanya berjarak beberapa meter dari rumah mereka akan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai tujuan. Pada dasarnya kita akan lebih sehat jika berjalan kaki, disamping menyehatkan badan, dengan berjalan kaki kita dapat mencegah pencemaran udara dan lingkungan.

Contoh teks eksposisi klasifikasi
Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipakai di berbagai negara. dalam bahasa inggris terdapat 4 skill utama yang mendasari seseorang dikatakan mampu berbahasa inggris dengan baik atau tidak. skill tersebut adalah:
Writing.
Speaking.
Listening
Reading.

Sekian tentang artikel 6 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu diingat bahwa penggunaan teks eksposisi harus disesuaikan dengan konteks pembicaraan dan topiknya. Terimakasih.


Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "6 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini