6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)

Contoh Teks Diskusi Singkat Bahasa Indonesia Terbaru - Diskusi umumnya dilaksanakan oleh beberapa orang atau kelompok dan membicarakan tentang suatu hal. Didalam proses berdiskusi umumnya akan terdapat sapek aspek seperti isu, rumor, argumen, dan sebuah kesimpulan. Didalam argumen sendiri dapat kita klasifikasikan menjadi argumen positif dan argumen negatif.

Didalam contoh teks diskusi singkat yang dibicarakan umumnya terdapat beberapa topik diskusi, diantaranya adalah diskusi tentang kenakalan remaja, tentang teknologi, teks diskusi tentang narkoba hingga diskusi tentang pendidikan. Dalam berdiskusi terdapat aturan yang harus kita penuhi yakni selalu menghormati perbedaan pendapat karena pada dasarnya setiap diskusi pasti akan terdapat perbedaan pendapat.
Contoh teks diskusi singkat
Sebenarnya contoh teks diskusi dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anda yang masih di jenjang sekolah. Selain itu pemanfaatan teknologi yang terkesan sudah maju dapat membantu anda mencari contoh teks tersebut. Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks diskusi singkat dalam bahasa indonesia.

Sebelum mulai membaca contoh teks diskusi singkat terlebih dahulu anda perlu membaca tentang argumentasi dalam artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi agar anda dapat memahami bagaimana cara berargumen yang benar.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Contoh Teks Diskusi Tentang Pengaruh Teknologi
Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga music player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi tidak dapat dibendung lagi karena mengalami perkembangan yang teramat sangat pesat. Namun dibalik perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa pengaruh dan dampak yang dirasakan oleh banyak orang khususnya remaja.
Contoh teks diskusi singkat tentang perkembangan teknologi
Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan remaja adalah smartphone. Remaja umumnya menyukai smartphone karena penggunaanya yang praktis dan multifungsi, penggunaan smartphone juga dapat memudahkan aktivitas para remaja. Selain itu smartphone memiliki bentuk dan ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Namun teknologi yang kita kenal dan tengah akrab di sekitar kita ternyata juga memiliki pengaruh positif dan pengaruh negatif. Sebagai contoh jika para remaja terlalu sering menggunakan teknologi maka hal ini akan menimbulkan rasa ketergantungan dan kecanduan seolah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. Akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki dibandingkan belajar dan menuntut ilmu. Namun disamping dampak negatif, terseliplah dampak positif teknologi, yakni dengan menggunakan teknologi seperti smartphone dan tablet remaja akan dapat memanfaatkannya dengan benar seperti contoh untuk mengerjakan tugas, mencari materi di internet, dan saling berkomunikasi dengan mudah. Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif dan baik.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja
Pada era perkembangan jaman sekarang ini sering kali kita mendengar isu dan berita tentang pergaulan bebas. Pergaulan bebas sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh remaja. Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada gambar-gambar, dan video tidak senonoh yang marak beredar.
Contoh teks diskusi singkat tentang kenakalan remaja dan narkoba
Umumnya dengan melihat adegan tidak senonoh yang terdapat dalam video maka remaja akan memiliki anggapan bahwa pergaulan bebas adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Parahnya lagi, tidak sedikit pula remaja yang akhirnya terjerumus lebih dalam yakni mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, hingga meminum minuman keras.

Bersarkan dasar pemikiran diataslah kami memiliki topik kenakalan remaja sebagai materi diskusi kami kali ini.

Dengan mengetahui dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh remaja, diharapakan dapat mencegah mereka terjerumus ke pergaulan bebas dan akibat akibat negatif yang ditimbulkannya. Untuk mewujudkan hal ini perlu diadakannya penyuluhan informasi dan pengarahan dari pihak-pihak yang dianggap mampu merubah mental para remaja (motivator).

Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-anak
Smartphone merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi baik secara audio maupun visual. Karena dianggap dapat memudahkan segala aktivitas, smartphone akhhirnya digunakan banyak kalangan orang termasuk anak-anak. Namun pada dasarnya memberikan ijin pada anak-anak untuk menggunakan smartphone masih menjadi bahan perdebatan di berbagai kalangan masyarakat.
Contoh teks diskusi singkat tentang penggunaan smartphone
Pihak yang tidak setuju penggunaan smartphone oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone akan merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten dan fitur-fitur smartphone. Sehingga anak-anak akan lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka. Dengan munculnya smartphone anak-anak akan lebih terpaku pada permainan layar dan melupakan kesenangan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka akan selalu memiliki rasa ketergantungan terhadap smartphone.

Namun bagi mereka yang setuju, smartphone dianggap akan membantu anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu dari segi orang tua, mereka akan lebih mudah untuk mengawasi dan menghubungi anak mereka kapan saja dan dimana saja. Penggunaan smartphone diangga dapat mencerdaskan anak-anak karena smartphone mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan kedua pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan smartphone untuk anak-anak masih menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya kita dapat memilah dan memilih dampak dampak smartphone terhadap anak kita.

Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Komunikasi
Seperti yang kita ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga mempengaruhi perkembangan teknologi di berbagai bidang seperti medis, komunikasi, trasnsportasi dan sebagainya. Namun jika dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi akan memegang peran paling besar. Contohnya saja penggunaan smartphone, Smartphone saat ini telah berubah sangat modern yakni praktis untuk digunakan dan memiliki berbagai macam fitur-fitur canggih dan menarik. Tidak heran jika di era sekarang ini remaja banyak yang menyukai smartphone. Umumnya smartphone digunakan para remaja untuk keperluan komunikasi, hiburan dan sebagainya. Namun seperti yang kite ketahui bahwa perkembangan jaman dan teknologi yang terjadi sekarang ini telah memberikan dampak yang besar bagi para remaja.

Dampak positif dari penggunaan smartphone untuk remaja adalah mereka dapat mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi baik visual maupun audio, dan membantu mereka dalam mencari materi atau tugas di internet.

Disamping dampak positif tentunya perkembangan smartphone ini juga memiliki dampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah penggunaan smartphone dapat membuat remaja kecanduan dan memiliki rasa keterantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya itu saja, namun penggunaan smartphone yang terlalu over akan memberikan dampak berupa remaja akan malas untuk belajar dan akhirnya hal ini akan menurunkan prestasi mereka.

Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus mampu menggunakan perangkat smartphone kita dengan benar dan pada porsinya. Jika penggunaan smartphone ini dialokasikan dengan benar maka akan lebih banyak menimbulkan dampak positif bagi kita.

Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi di Masyarakat
Zaman dan teknologi saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat di berbagai bidang. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tersebut sekarang ini telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Mulai dari medis, transportasi, komunikasi dan sebagainya terus berkebang seperti sudah tidak mampu lagi untuk dibendung. Perkembangan teknologi di berbagai bidang ini akhirnya menimbulkan beerbagai pandangan di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang beranggapan positif dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap perkembangan teknologi membawa dampak negatif.
Contoh teks diskusi singkat tentang perkembangan teknologi
Masyarakat yang notabennya menganggap perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang positif beranggapan bahwa perkembangan saat ini dapat membantu dan mempermudah segala aktivitas mereka. Mereka menganggap teknologi sebagai teman setia yang mampu membantu mereka kapan saja. Seperti contoh perkembangan teknologi pada bidang transportasi, sekarang ini manusia tidak perlu berjalan kaki terlalu lama untuk sampai ke tujuan mereka. Mereka dapat memanfaatkan perkembangan transportasi untuk membantu mereka sampai di tujuan mereka. Seperti ketika kita hendak pergi melintasi negara kita tidak perlu lagi berjalan dan mengarungi lautan luas, namun kita hanya perlu naik pesawat yang tujuannya ke negara tujuan kita.

Selain dapat membantu mempercepat transportasi, Perkembangan teknologi juga mampu menghubungkan manusia sekalipun dalam jarak yang cukup jauh.. Teknologi komunikasi tersebut adalah smartphone, perangkat ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan kita baik secara audio maupun visual.

Dalam bidang pengobatan dan medis, perkembangan teknologi telah menolong para dokter menyelamatkan ratusan bahkan ribuan nyawa. Betapa tidak, dengan adanya peralatan medis yang canggih tentunya dapat mendukun proses pengobatan seseorang. Seperti ketika hendak melakukan operasi pembedahan, para dokter dapat melakukan pembedahan dengan sangat akurat dan meminimalisir tingkat kegagalan operasi tersebut.

Namun di lain sisi bagi masyarakat cenderung menganggap perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang negatif akan berpikiran bahwa perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung ini akan menjerumuskan manusia kejalan yang salah. Ibarat bom waktu, teknologo teknologi yang berkembang saat ini siap meledak kapan saja untuk memberikan dampak dan pengaruh buruk bagi manusia. Umumnya masyarakat yang kontra terhadap teknologi akan beranggapan bahwa teknologi hanya membawa dampak buruk bagi manusia.

Salah satu dampak buruk yang dirasakan aalah manusia akan menjadi malas didalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Karena merasa telah dimanjakan oleh teknologi, manusia akan menyerahkan segala urusan pada teknologi tersebut hingga lupa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Akibatnya akan terjadi kesenjangan sosial di lingkup masyarakat. Tidak hanya itu penggunaan teknologi juga dapat menimbulkan rasa kecanduan terhadap pemakainya. Ketika mereka terlepas dari teknologi maka mereka akan merasa putus asa.

Yang menghawatirkan dari perkembangan teknologi adalah diciptakannya senjata-senjata canggih yang mematikan demi kepentingan militer suatu negara. Senjata senjata tersebut umumnya akan digunakan untuk saling membunuh satu sama lain dengan alasan untuk memerangi kejahatan dan sebagainya. Namun tetap saja yang menjadi korban adalah warga sipil yang notabennya tidak tahu apa apa. Senjata yang paling canggih dan mematikan saat ini adalah nuklir yang notabennya disebut dengan senjata pemusnah massal. Senjata ini mampu membunuh jutaan manusia dalam sekejap mata di suatu daerah dalam skala dan radius tertentu.

Hal yang paling tidak bisa diterima dari perkembangan teknologi adalah teknologi kloning yang sekarang ini tengah dikembangkan. Manusia mulai mencari cara untuk menyaingi kekuatan Sang Pencipta dengan mencoba memberikan kehidupan pada objek kloning. Hal ini dikhawatirkan akan membuat manusia lupa dari mana mereka berasal dan lupa akan keberadaan Tuhan.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang terjadi dalam lingkup kehidupan bermasyarakat memang menimbulkan dampak negatif dan positif. Sebagai manusia yang modern dan hidupa dalam perkembangan jaman, kita tidak boleh melupakan keberadaan Tuhan. Selain itu kita harus mampu untuk memebdakan antara pengaruh buruk dan pengaruh positif dari perkembangan teknologi ini.

Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Kebersihan dan Sampah
Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam beberapa kasus, cara menanggulangi sampah dianggap menjadi permasalahan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebenarnya pemecahan masalah tentang sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Banyak orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi, maka dari itu sampah harusnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Namun bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar akan menghasilakan polusi udara berupa bau yang tidak sedap dan asap pembakaran yang dapat menipiskan lapisan ozon.

Umumnya orang yang mencintai lingkungan akan lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting dan daur ulang. Sebagai contoh sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sebagainya dapat dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang memang tidakd dapat mengalami pembusukan dapat dilakukan daur ulang.

Pada dasarnya sampah dapat diolah dan dimanfaatkan kembali. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan adalah cara paling tepat dan sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada.

Itulah 6 contoh teks diskusi singkat dalam bahasa indonesia yang membahas tentang perkembangan zaman, perkembangan teknologi, narkoba, dan lain sebagainya. Selalu ingat bahwa diskusikan hal yang bermanfaat untuk kehidupan anda. Dan dalam proses diskusi kita harus mampu menghargai perbedaan argumentasi yang terjadi. Terimakasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "6 Contoh Teks Diskusi Singkat Terbaru (Perkembangan Zaman, Narkoba, Sosial, Komunikasi, Masyarakat)"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini