6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) - Tips mengerjakan UNBK sangat diperlukan oleh siswa sekolah menengah atas. Hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh guru dan instansi terkait bagaimana cara mengerjakan ujian nasional berbasis komputer.

UNBK atau ujian nasional berasis komputer tersa menyeramkan dan mampu membuat panik para pesertanya. Namun tahukah Anda sebenarnya UNBK ini sama saja dengan ujian nasional biasanya. Yang berbeda hanyalah pengalihan soal dan lembar jawaban yang digunakan. Jika biasanya ujian nasional berbasisi kertas dalam arti soal dan lembar jawaban dituangkan dalam lambar kertas, pada UNBK ini soal dan jawaban di alihkan kedalam bentuk propram yang dapat ditampilakan dengan menggunakan perangkat komputer.
tips da cara mengerjakan unbk atau ujian nasional berbasis komputer
cara mengerjakan UNBK
Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

UNBK sebenarnya memberikan nilai lebi, terutama bagi peserta ujian. Hal ini dikarenakan peserta hanya tinggal nekan satu klik saja saat hendak menjawab soal soal, berbeda ketika dengan penggunaan kertas dimana peserta ujian harus melingkari dengan cermat pada lembar jawaban yang telah disediakan.
Baca juga: Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya
Namun walaupun demikian tetap saja, UNBK dengan sistemnya yang masih terbilang baru mampu membuat para peserta ujian menjadi gugup dan kurang konsentras. Berikut adalah  beberapa tisp yang dapat di lakukan untuk mengatasi rasa gugup yang melanda ketika Anda hendak melaksanakan UNBK :

  1. Ikuti pengarahan teknis yang  diberikan oleh guru ataupun pihak sekolah tentang pelaksanaan UNBK.
  2. Ikutilah simulasi pengerjaan UNBK dengan menggunakan komputer sebelum pelaksaan UNBK sebenarnya, agar Anda terbiasa dengan tombol dan berbagai operasi yang ada di sistem soal UNBK.
  3. Baca dan ikuti segala petunjuk pengerjaan yang tertera dilayar komputer dengan baik, agar Anda tidak melakukan kesalahan yang fatal.
  4. Baca soal dengan seksama dan teliti, sseperti pada mapel bahasa Indonesia yang disominasi dengan teks, atau gambar, diagram dan tabel yang di sajikan dalam mata pelajarn matematika agar dapat memperoleh informasi soal dengan baik
  5. Jangan melirik kanan dan kari sehingga Anda tidak akan terpengaruh dengan teman yang lain, karena dlam UNBK soal yang ditampilakan bagi setiap peserta berbeda satu dengan yang lainnya baik susunan soal ataupun susunan optionnya.
  6. Jika komputer Anda mengalami masalah, tekan F5. Lalu lapor pada pengawas ruangan agar Anda mandapat token baru. Jangan panik karena hasil kerja yang telah di selesaikan tidak akan hilang.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi UNBK. Selain dari tips tersebut di atas janganlah lupa berdoa terlebih dahulu sebelum melaksanakan UNBK agr Anda lebih tenang.
Baca Juga: 8 Contoh Spoof Text Singkat Lucu Beserta Arti dan Strukturnya
Dalam mengerjakan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK lebih baik tidak terburu buru dan cermat karena ujian inilah yang nantinya akan menentukan masa depan siswa. Sedangkan untuk materi UNBK sendiri telah saya rangkum dalam artikel selanjutnya.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

2 Responses to "6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)"

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini