6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya - Teks tanggapan kritis tentang pendidikan, lingkungan, rokok, narkoba, sosial media, dan fenomena alam merupakan beberapa contoh teks tanggapan yang umum kita jumpai dalam kehidupan sehari hari baik di lingkup sekolah maupun masyarakat. Pengertian teks tanggapan kritis sendiri adalah teks yang memuat kritik pedas dan tajam terhadap sebuah hal yang berfokus terhadap kesalahan. Tidak heran ketika kita menjumpai teks tanggapan dalam sebuah perdebatan, seseorang akan memberikan tanggapan kritis berupa kritik kepada orang lain karena pernyataan yang disampaikan orang tersebut kurang sesuai. Begitu pula sebaliknya ketika ada orang lain yang memberikan tanggapan maka kita harus siap menerimanya karena setiap tanggapan, saran dan kritik yang dilontarkan tetunya beralasan dan bersifat membangun.

Dalam dunia pendidikan, teks tanggapan sendiri pada dasarnya termasuk dalam matapelajaran bahasa Indonesia yang umum ditemui di jenjang SMP dan SMA yang notabennya sudah tercantum juga dalam kurikulum yang berlaku sekarang ini. Maka dari itu kita harus mampu memahami pengertian, struktur teks, dan ciri ciri dalam sebuah contoh teks tanggapan kritis singkat. Sejatinya teks tanggapan kritis memiliki berbagai macam jenis dan tema, diantaranya adalah tentang pendidikan, narkoba, rokok, lingkungan, sampah, sosial media, teknologi, dan lain sebagianya sesuai dengan konteks pembicaraan.
Baca juga:  Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh
Sebelum menginjak menuju contoh teks tanggapan kritis singkat maka kita harus mengetahui seperti apa ciri ciri teks tanggapan itu sendiri, agar lebih memudahkan kita untuk mengenalinya maka simaklah ciri ciri teks tanggapan kritis adalah teks ini umumnya memuat suatu tanggapan tentang fenomena yang terjadi di sekeliling kita. Dalam menyampaikan teks ini tentunya kita juga harus menyampaikan data data berupa fakta dan alasan. Hal ini telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Teks Tanggapan Kritis, Pengertian Contoh Dan Struktur Teks Tanggapan Kritis.

Teks tanggapan kritis juga mempunyai sturktur utama yang notabennya berbeda dengan jenis teks lainnya. Adapun sturktur teks tanggapan kritis terdiri atas evaluasi, deskripsi dan penegasan. Untuk lebih jelas lagi simaklah strukturnya dibawah ini:
  • Evaluasi : Evaluasi adalah bagian yang berisi tentang sekumpulan pernyataan umum  mengenai hal apa saja yang disampaikan penulis dalam teks tersebut. Evaluasi sendiri merupakan bagian yang menjadi kerangka pertama dalam teks tanggapan kritis.
  • Deskripsi : Deskripsi atau deskripsi teks adalah bagian yang memuat isi dalam sebuah teks tanggapan kritis. Pada bagian ini umumnya memuat informasi berupa data data yang bersifat fakta guna mendukung maupun menjatuhkan pernyataan tersebut.
  • Penegasan : Penegasan yang dimaksud dalam bagian ini adalah penegasan ulang. Maksudnya adalah memberikan penekanan kembali terhadap apa yang telah diputuskan maupun dilakukan.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang contoh teks tanggapan kritis singkat tentang pendidikan, rokok, narkoba, sosial media, teknologi, dan bencana alam lengkap beserta strukturnya.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Teks tanggapan kritis tentang pendidikan umumnya memang sangat mudah kita temukan. Hal ini terjadi karena memang banyak sekali pokok permasalahan dalam dunia pendidikan yang melatarbelakangi sebuah perdebatan. Dalam contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan kali ini kita akan membahas perbedaan dan pilihan antara SMA atau SMK, langsung saja kita simak artikelnya.

Pendidikan SMA atau SMK?
Mungkin beberapa orang tua atau bahkan kebanyakan orang tua serta siswa SMP akan merasa bingung jika dihadapkan dengan kedua pilihan ini. Utamanya mereka yang telah menempuh jenjang SMP hingga kelas 9 yang notabennya sebentar lagi lulus haruslah lekas menentukan pilihan mau dibawa kemana pendidikan yang akan mereka ambil. Tentunya pilihan antara masuk SMA dan masuk SMK tidak poleh dilakukan secara sembarangan dan gegabah. Baik orang tua maupun siswa haruslah mampu mempertimbangkan segala aspek dan faktor yang menjadi kelebihan dan kekurangan masing masing instansi pendidikan tersebut sebelum memilihnya. Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenjang pendidikan selanjutnya?

Pertimbangan yang pertama tentunya kita sudah pagam dan tau bahwa lulusan SMK umumnya lebih siap dan lebih mudah untuk masuk ke dunia kerja jika kita bandingkan dengan lulusan SMA. Hal ini disebabkan karena siswa SMK tidak hanya mengenyam pendidikan secara teoritik saja namun mereka juga dibekali kemampuan berupa praktikum yang notabennya menambah pengalaman mereka dan bersifat mempersiapkan mereka untuk terjun ke dunia kerja. Hal ini dapat kita amati dari kegiatan wajib yang pihak SMK gelar yakni praktek kerja lapangan atau PKL. Secara tidak langsung orang sering kali mengartikan PKL sebagai magang atau pelatihan kerja. Maka dari itu saya setuju ketika ada orang yang berkata jika lulusan SMA harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi dengan melanjutkan ke perguruan tinggi karena memang mereka hanya diajarkan pembelajaran secara teoritik saja.

Banyak orang beranggapan bahwasanya lulusan SMK hanya akan berakhir mencari lapangan kerja dan tidak mampu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal ini tentunya salah besar karena siswa SMK pada dasarnya tetap dapat melanjutan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi layaknya lulusan SMA. Hanya saja lulusan SMK memiliki kelebihan dalam hardskill yakni berupa kemampuan dalam bidang kejuruan yang spesifik, maka dari itu siswa SMK dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi dengan jurusan sesuai dengan juruannya di SMK. Singkat kata siswa SMK hanya perlu mendalami pembelajaran semasa SMK ketika mendaftar di perguruan tinggi yang jurusannya sama dengan sebelumnya. Namun siswa SMA cenderung hanya diajarkan teoritik saja.

Namun jika kita bandingkan pembelejaran yang terdapat di SMK tidak seluas pebelajaran di SMA jika ditinjau dari segi materi. Hal ini disebabkan karena di SMK lebih berkonsentrasi pada satu jurusan kejuruan saja untuk mempersiapkan lulusannya terjun ke dunia kerja. Lain halnya dengan siswa SMA yang notabennya diajarkan berbagai materi sesuai dengan jurusan atau bidang yang diambil. Semisal jurusan yang kita ambil aalah IPA maka dalam pembelajaran kita akan lebih condong membahas seputar sains dan matematika. Jika jurusan kita IPS maka kita juga akan lebih banyak membahas seputar literasi dan pengetahuan umum dan sosial. Tidak heran jika siswa SMA memiliki pandangan yang luas tentang suatu hal

Jika dihadapkan pada pilihan jangka panjang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka siswa SMA cenderung akan dibatasi pembelajaran dan ruang lingkupnya sehingga siswa SMK harus belajar lebih ekstra jika ingin melanjutan ke perguruan tinggi jika dibandingkan dengan siswa SMA. Maka dari itu siswa SMK cenderung sulit untuk masuk ke perguruan tinggi, Mereka hanya bisa masuk ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan sesuai dengan jurusan mereka sebelumnya di sekolah. Andai kata mereka dapat mengambil jurusan yang berbeda maka mereka akan mengalami kesulitan dalam mengkuti perkuliahan karena semasa di sekolah mereka hanya dibekali ilmu kejuruan. Sedangkan siswa lulusan SMA yang cenderung dibekali pengetahuan lebih luas akan mudah bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa siswa lulusan SMK yang notabennya telah memiliki hardskill akan jauh lebih siap terjun ke dunia kerja jika dibandingkand dengan siswa lulusan SMA. Hal ini tentunya memberikan dampak positif bagi orang tua karena tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Namun segala keputusan yang akan diambil tergantung pada minat, skill, serta bakat yang siswa itu miliki.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Benca Alam

Teks tanggapan kritis tentang bencana alam umumnya berisi permasalahan yang sedikit banyak menyangkut fenomena alam yang terjadi disekitar kita. Contoh teks tanggapan kritis singkat tentang bencana alam sendiri dapat kita temukan dalam acara debat di televisi dengan sangat mudah karena umumnya teks ini akan membahas segala permasalahan alam yang terjadi.

Kabut Asap Riau
Akhir akhir ini kerap kali pemirsa tv disuguhi oleh berita tentang tebalnya kabut asap yang menerpa kepulauan riau. Kabut asap yang muncul tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas. Banyak sekali warga riau yang merasa terganggu dan akhirnya mengeluh tentang bencana dan permasalahan ini. Dan tidak sedikit pula warga diluar kepulauan riau yang merasa prihatin atas terbakarnya kawasan hutan di kepulauan tersebut.

Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tau pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. Ada yang berpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni cuaca El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.

Jika kita telaah, kita tidak terlalu tau alasan bagaimana hutan di riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga masih menyelidiki bencana tersebut. Namun dampak dan efek negatif dari bencana ini dengan sangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.

Seperti pernyataan yang sebelumnya telah dijelaskan, kebakaran hutan yang terjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan. Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran sehingga mereka kesuitan untuk memadamkannya. Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman ini karena sampai saat ini masyarakat dirasa hanya mampu mengeluh tanpa bisa bertindak.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Narkoba

Teks tanggapan kritis tentang narkoba juga sangat populer untuk diperbincangkan karena permasalahan tentang benda ini sangatlah kompleks. Berikut ini adalah contoh teks tanggapan kritis narkoba yang dapat anda simak.

Hukuman Mati Untuk Mereka, Pengedar Barang Haram
Seperti yang kita tau bahwa sekarang kita memasuki zaman modern yang serba canggih, keadaan ini mau tidak mau juga menekan peredaran narkoba menjadi semakin banyak di negara kita. Perkembangan buruk ini meliputi masyarakat, pelajar bahkan sampai pejabat negara sekalipun. Yang menjadi topik perdebatan dalam permasalahan ini tidak lain adalah hukuman mati bagi mereka yang menjadi pengedar sekaligus pemakai narkoba.

Banyak masyarakat yang mengutarakan persetujuan bahwa hukuan yang pantas bagi pengedar sekaligus pemakai narkoba adalam hukuman mati. Terdapat banyak alasan logis yang menjadi latar belakang persetujuan mereka. Alasan pertama dan paling logis adalah narkoba mmampu mempengaruhi bahkan merubah pola pikir penggunanya sehingga tidak hanya berbahaya bagi penggunanya sendiri namun juga berbahaya bagi orang lain. Sebagai contoh dapat menyebabkan kecelakaan beruntun yang berujung kematian apabila pengendara tersebut mengalami halusinasi. Alasan kedua adalah narkoba dapat merusak generasi muda penerus bangsa, Penggunaan barang ini dapat mempengaruhi dan merubah perilaku remaja menjadi semakin buruk. Padahal negara kita memerlukan adanya generasi penerus yang berakhlak mulia dan mampu memikul beban sekaligus tanggung jawab memajukan bangsa dan negara. Faktor ketiga adalah narkoba membuat calon penggunanya merasa penasaran yang akhirnya setelah mencoba maka penggunanya akan merasa ketagihan dan kecanduan. Jika orang ini bergaul dengan teman temannya maka ia dapat menularkan keburukan tersebut. Adanya hukuman mati tentu akan memberikan efek jera bagi penikmat dan pengedar narkoba, maka dari itu banyak masyarakat setuju bahwa hukuman untuk pengedar narkoba adalah hukuman mati.

Namun tidak sedikit pula orang yang menolak hukuman mati bagi pengedar narkoba dan penikmatnya. Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi ketidak setujuan ini, diantaranya adalah hukuman mati dianggap kurang manusiawi dan melanggar hak asasi manusia yang telah tercantum dan sesuai dalam UUD 1945. Selanjutnya adalah pendapat bahwa hukuman mati hanya menambah anggaran negara. Karena memang untuk melaksanakan eksekusi diperlukan biaya tertentu dan ini dianggap membuang buang uang negara yang seharusnya dapat digunakan untuk pembangunan bangsa dan infrastruktur negara.

Pada dasarnya setiap orang telah diberikan hak untuk hidup bebas, namun masih saja ada manusia yang mempergunakan hidupnya untuk kerugian dirinya sendiri dan merugikan orang lain juga. Maka dari itu, adanya hukuman mati bagi pengedar narkoba memang harus ditinjau dan ditegakkan kembali karena memang narkoba memberikan dampak negatif pada perkembangan generasi muda penerus bangsa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Internet

Penggunaan Internet bagi Remaja
Di era modern sekarang ini internet menjadi kebutuhan primer yang tidak dapat dilepaskan dari segala aktivitas masyarakat umum khususnya di kalangan pelajar. Hal ini dapat kita buktikan dengan menjamurnya warung intenet atau lebih akrab disebut warnet yang memberikan pelayanan berupa akses internet super cepat dan lain sebagainya. Selain itu internet juga dapat diakses melaui PC yang disambungkan modem bahkan menggunakan smartphone sekalipun. Perkembangan internet ini merupakan salah satu dampak perkembangan teknologi yang saat ini terjadi. Tentunya hal ini juga membawa dampak dan pengaruh terhadap kondisi psikologis remaja.

Namun untuk menanggapi peristiwa ini kita juga harus melihatnya tidak hanya dari satu sisi dan perspektif saja agar kita tidak terjebak dalam penyalahgunaan internet khusunya jika kita seorang pelajar. Memang pada dasarnya pemanfaatan internet yang tidak semestinya dapat merusak pola pikir remaja. Internet juga menimbulkan efek kecanduan dan ketergantungan sehingga kita tidak bisa lepas dari penggunaan internet dan membuat kita sulit untuk bersosialisasi.

Dilain sisi, internet juga memiliki kelebihan, jika dilihat dari sudut pandang positif maka kita akan berpendapat bahwa internet dapat membantu pelajar untuk mencari materi pelajaran lebih mudah tanpa terbatas oleh buku. Namun hal ini belum tentu diimplementasikan secara benar dan tepat sasaran. Meskipun kedua fakta tersebut sangat logis dan masuk akal, sebagai seorang pelajar kita harus mampu mempertanggungjawabkan tindakan kita ketika menggunakan internet. Akhir kata kita harus menggunakan internet dengan benar dan semestinya.

Pendapat yang pertama memang menerangkan bahwa internet dapat menjadi senjata untuk menemukan informasi dan pengetahuan dalam lingkup global. Selain itu internet juga dapat menghubungkan orang dan pempermudah komunikasi sekalipun itu terpisah jarak yang sangat jauh. Hal ini kembali dibuktikan melalui berkembangnya sosial media yang memungkinkan kita saling bertukar foto dan mengirim pesan dalam jarak yang jauh.

Pada dasarnya saya sangat menyetujui jika ada pendapat mengatakan internet memberikan dampak positif. Namun pendapat tersebut juga perlu dikaji menggunakan metode akademik karena terdapat banyak dampak negatif yang diterima kalangan remaja ketika mereka salah dalam memanfaatkan teknologi ini. Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa diperlukan adanya tanggungjawab dari remaja itu sendiri untuk menggunakan internet secara tepat sasaran.

Itulah contoh teks tanggapan kritis singkat tentang pendidikan, narkoba, dan internet yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini