8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap - Dalam meneliti sebuah objek atau sedang melakukan pengamatan pasti setiap siswa diharuskan membuat laporan hasil observasi. Laporan observasi tersebut dapat berupa pengamatan mengenai tumbuhan, hewan, alam maupun lingkungan. Bagi anda yang sering melakukan pengamatan pasti tahu kan apa laporan hasil observasi? Apa tujuan dari pembuatan teks laporan tersebut? Jika anda masih belum tahu apa itu teks observasi beserta hal hal yang terkait didalamnya maka dapat menyimak artikel yang akan saya buat.

Kali ini materi belajar akan membahas mengenai contoh teks laporan hasil observasi pada tumbuhan, hewan, alam, dan lingkungan. Saya akan menjelaskan dengan lengkap mengenai contoh teks tersebut. Sebelum menuju contoh teks saya akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian teks laporan hasil observasi, fungsi dan tujuan teks laporan hasil observasi, ciri dan struktur teks laporan hasil observasi tersebut secara lengkap. Setelah penjelasan tersebut saya akan menjelaskan contoh teks hasil laporan observasi mengenai tumbuhan, hewan, alam dan lingkungan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Sebelum membuat contoh teks observasi, terlebih dahulu kita harus memahami pengertian teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi merpuakan suatu teks mengenai penjelasan informasi yang berhubungan dengan tumbuhan, hewan, alam, hasil karya manusia, fenomena sosial, serta fenomena alam yang disertai dengan bukti nyata yang ada maupun didukung dengan klasifikasi kelas dan sub kelas yang terkandung didalamnya saat melakukan observasi atau pengamatan. Teks hasil observasi merupakan suatu teks yang menggambarkan hasil pengamatan yang bersifat sistematik maupun objektif dengan bukti nyata yang ada. Dalam melakukan observasi anda haru mengetahui tujuan dari pengamatan tersebut.
Baca juga: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh
Terdapat banyak sekali contoh teks laporan hasil observasi jika digali berdasaran tema dan sub temanya. Teks laporan hasil observasi sendiri memiliki tujuan sebagai pemberi informasi mengenai klasifikasi objek pengamatan dengan dasar bukti nyata yang cocok dengan kriteria observasi yang memiliki hasil sistematis maupun objektif. Teks tersebut juga bertujuan sebagai pemecahan masalah yang berupa hipotesis dari hasil observasi. Terdapat beberapa fungsi lain dari teks laporan tersebut seperti untuk memecahkan masalah masalah tertentu, untuk menciptakan cara cara baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, sebagai pengambil keputusan agar lebih efektif, untuk melihat pertambahan masalah, serta untuk mengawasi masalah yang terjadi.
Pada contoh teks laporan hasil observasi terdapat ciri ciri dalam melakukan pengamatan yang benar. Untuk membuat contoh teks observasi harus berdasarkan ketentuan ketentuan tertentu yang harus dilengkapi. Hal tersebut dilakukan agar terdapat tanggung jawab mengenai hasil yang ada. Ciri ciri contoh teks laporan hasil observasi tersebut meliputi objektif, universal, sistematis, faktual, objek yang diobservasi maupun tidak ada penutup dari laporan tersebut. Adapun penjelasannya yaitu
  • Objektif yaitu teks laporan hasil observasi harus sesuai dengan keadaan real dari objek tersebut dan tidak terdapat pengaruh dari pendapat sendiri.
  • Universal yaitu berisi tentang laporan yang tidak berpihak kepada orang orang tertentu sehingga laporan hasil observasi ini memiliki sifat umum atau tidak merugikan pihak lain.
  • Faktual berisi hasil nyata dari sebuah pengamatan objek. Hasil tersebut harus sesuai dengan kondisi yang ada agar saat dilakukan uji kebenaran dapat dipertanggung jawabkan.
  • Sistematis yaitu teks hasil laporan observasi harus berdasarkan standar ketentuan yang berlaku serta ditulis secara urut dan teratur.
  • Objek yang diamati/diobservasi yaitu objek pengamatan yang dapat berupa tumbuhan, hewan, alam dan lingkungan.
  • Tidak ada penutup laporan hasil observasi, hal tersebut terjadi karena pengamat hanya sebagai pelapor informasi yang berisi tentang analisis serta pengamatan yang dilakukan.
Baca juga : Dialog Interaktif: Pengertian, Unsur Unsur, dan Contoh Dialog Interaktif
Dalam membuat contoh teks laporan hasil observasi harus memperhatikan beberapa struktur yang harus ada dalam laporan hasil tersebut. Struktur tersebut meliputi:
  •  Klasifikasi atau Pernyataan Umum
Sebelum membuat contoh teks laporan hasil observasi terlebih dahulu harus memperhatikan klasifikasi. Pada pernyataan umum ini terdapat informasi tentang objek pengamatan maupun hasil observasi yang telah dilakukan. Klasifikasi merupakan bagian pertama yang berisi karangan umum mengenai objek yang sedang anda observasi. Dapat berupa observasi tumbuhan, hewan, alam, dan lingkungan. Objek objek tadi kemudian diambil klasifikasi persamaan maupun perbedaannya. Klasifikasi tadi dibuat untuk membedakan antara kelas, sub kelas serta rincian lain yang lebih dalam.
  • Paragraf yang berisi faktor yang telah diobservasi
Pada paragraf ini berisi tentang informasi detail mengenai hasil laporan observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Pada bagian kedua dalam membuat contoh teks laporan hasil observasi ini, informasi yang dijelaskan lebih rinci dan disusun secara teratur mulai dari golongan yang paling atas sampai golongan paling bawah. Saat melakukan penggolongan kelas harus disertai dengan hasil dari segi lingkungan, genetik, perilaku, peran, fisik, kepribadian maupun fungsinya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan

Tumbuhan Langka yang terdapat di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang banyak. Salah satu sumber daya alam tersebut ialah tumbuhan. Tumbuhan di Indonesia memiliki berbagai macam jenis, mulai dari tumbuhan yang sering dijumpai maupun tumbuham langka yang sudah sulit dijumpai. Hal tersebut diakibatkan karena Indonesia termasuk negara tropis yang subur. Walaupun terkenal dengan kesuburannya namun masih ada tumbuhan tumbuhan langka yang rawan punah. Kepunahan tumbuhan tersebut dapat terjadi karena faktor penebangan liar, perubahan iklim serta aktivitas lain yang dapat merugikan hutan. (Dengan adanya masalah tersebut maka dapat dijadikan sebagai pengantar dalam contoh teks laporan hasil observasi)

Dengan permasalahan diatas dapat  menyebabkan tanaman tanaman langka sulit dijumpa seperti:

  •  Bunga Bangkai
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Bunga Bangkai
Menurut teks laporan hasil observasi, bunga bangkai atau raflesia arnoldy mempunyai bentuk yang besar serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap tersebut sangat menyengat namun memiliki fungsi untuk melindungi maupun menarik perhatian dari lalat serta kumbang yang berperan dalam proses penyerbukan. Bunga bangkai tersebut berasal dari hutan Sumatera. Namun karena terjadi kepunahan menyebabkan bunga tersebut dikembangbiakan di tempat lain yaitu di Taman Hutan Raya Ir. Djunda Bandung. Bunga bangkai tersebut dapat tubuh hingga ketinggian 4 meter. Menurut observasi, saat bunga tersebut mekar maka warna kelopaknya adalah putih, sedangkan pada mahkota bunganya memiliki warna merah keunguan. Walaupun tampilan luar bunga ini kuat dan kokoh namun hanya dapat bertahan hidup selama 7 hari saja. Maka dari itu bunga raflesia tergolong pada tumbuhan yang langka.
  • Tumbuhan Damar
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan Damar
Tumbuhan selanjutnya adalah tumbuhan damar. Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tumbuhan damar juga tergolong tumuhan langka. Pada jaman dahulu jenis tumbuhan ini memang mudah ditemukan disekitar daerah Lampung, Ternate, maupun Samar. Untuk pertumbuhannyapun dapat mencapai ketinggian hingga 60 meter. Namun semakin berkembangnya jaman tumbuhan  ini semakin didayagunakan secara berlebihan dan pada akhirnya sekarang sulit ditemukan. Sebenarnya tumbuhan damar dapat berguna untuk kehidupan manusia. Dengan getah dari tumbuhan ini maka dapat dibuat sebagai vernis, kaca serta cairan pelapis kertas.
Baca juga : 6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya
  • Kantong Semar
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Kantong Semar
Tumbuhan selanjutnya adalah kantong semar. Kantong semar adalah jenis tumbuhan karnivora. Hal tersebut dapat dibuktikan dari penemuan teks laporan hasil observasi dari beberapa peneliti karena tumbuhan ini memakan serangga yang ukurannya kecil yang meliputi semut, lalat, lebah dan lain lain. Proses penangkapan serangga tersebut dengan membuka kantung mulut tumbuhan ini selebar lebarnya. Didalam kantong tersebut terdapat cairan yang dapat menarik  perhatian para serangga serangga kecil. Saat serangga tersebut telah masuk kedalam kantong maka mulut kantong pada tumbuhan ini langsung menutup secara otomatis. Untuk menjaga perkembangbiakannya maka tumbuhan ini mulai dikembangkan dibeberapa daerah agar tidak punah.
  • Pohon Ulin
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Pohon Ulin
Pohon ulin atau kayu besi adalah jenis tumbuhan endemik yang berasal dari pulau Kalimantan. Teks laporan hasil observasi membuktikan bahwa batang kayu tumbuhan ulin bersifat kuat sehingga cocok digunakan dalam pembuatan bangunan. Pohon ulin mulai sulit ditemukan karena ulah manusia yang melakukan penebangan liar serta penggunaan kayu secara berlebihaan.
  • Pohon Cendana
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Pohon Cendana
Pohon cendana juga telah dilakukan observasi sehingga muncul teks laporan hasil observasi mengenai pertumbuhan pohon cendana ini. Pohon cendana dapat berfungsi untuk membuat aroma terapi, dupa, rempah rempah dan sebagainya. Berdasarkan fungsi fungsi tadi membuat pohon cendana semakin dicari dan digunakan secara berlebihan. Tumbuhan ini semakin lama semakin sulit ditemukan hingga hampir punah. Selain itu pohon cendana juga sulit untuk dibududayakan.
  • Anggrek Tebu
Contoh teks Laporan Hasil Observasi pada Anggrek Tebu
Anggrek tebu masih tergolong ke dalam jenis tumbuhan anggrek yang memiliki berat 1 ton lebih serta panjangnya mencapai hingga 3 meter. Dari teks hasil laporan observasi telah dibuktikan secara nyata bahwa ukurannya sangat besar hinggga dapat disebut anggrek raksasa. Bunga jenis ini sangat sulit ditemukan. Populasinya pun sedikit dan hampir punah. Pembudidayaan tubuhan anggrek tersebut juga sulit sehingga jarang bisa dikembangkan lagi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Hewan

Beruang

Teks laporan hasil observasi selanjutnya akan membahas mengenai hewan beruang. Beruang adalah jenis hewan yang memiliki tingkat kedelapan dari jenis hewan lain contohnya beruang madu. Beruang madu berasal dari wilayah Bengkulu yang merupakan simbol utama dari propinsi tersebut. Beruang jenis ini memiliki besar hingga 1,40 meter, dengan tinggi 70 cm dan berat badan 50 sampai 65 kg. Habitat beruang madu biasanya terdapat dipepohohan. Hal tersebut menyebabkan beruang tidak mempunyai bulu disekitar telapak kaki sehingga dapat berlari dengan kecepatan 48 km/jam dengan tenaga yang kuat. Beruang jenis ini memiliki bulu yang berkilau dan pendek sehingga dapat dikategorikan sebagai binatang mamalia. Pada bawah leher beruang terdapat tanda menyerupai matahari terbit dengan warna orange.
Menurut teks laporan hasil observasi beruang madu ini dapat disebut binatang omnivora yaitu pemakan segala jenis makanan yang terdapat dihutan. Beruang madu dapat memakan jenis buah buahan, tumbuhan seperti tumbuhan palem, serta pemakan serangga, burung dan hewan hewan lain yang berukuran lebih kecil. Dengan perkembangan zaman, jenis beruang ini rawan sekali punah karena habitat dari beruang ini telah dirusak oleh tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Dengan masalah tersebut dapat mengakibatkan habitat asli dari beruang madu dapat hilang

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Alam Semesta

Bumi maupun Bulan


Contoh teks laporan hasil observasi yang ketiga adalah mengenai bumi maupun bulan. Bumi memiliki satelit alami yang bernama bulan. Bulan letaknya tidak dapat sejajar dengan matahari karena bulan selalu berputar mengelilingi bumi. Sedangkan bumi selalu berputar pada porosnya. Hal tersebut mengakibatkan bulan hanya terlihat dimalam hari. Saat malam hari bulan seakan akan memancarkan cahaya sendiri. Namun cahaya tersebut berasal dari cahaya matahari karena cahaya tersebut dipantulkan menuju bulan. Menurut hasil observasi jarak bumi dengan bulan sangat jauh sekitar 30 kali dari diameter bumi yaitu 384.405 km. Bulan memiliki diameter lebih kecil daripada bumi yaitu 3.474 km. Bulan dapat melakukan periode orbit (mengelilingi bumi) kurang lebih 27,3 hari dengan pola periodenya yaitu Bumi-Bulan-Matahari serta melakukan periode sinodik kurang lebih 29,5 hari.

Dari hasil laporan observasi tersebut dapat kita buat teks laporan hasil observasi mengenai bumi dan bulan. Walaupun bumi mempunyai gaya gravitasi yang dapat menarik bulan namun bulan tetap tidak jatuh. Hal tersebut disebabkan karena adanya gaya sentrifugal dalam periode orbit bulan. Gaya sentrifugal pada bulan besarnya lebih kecil dari pada gaya grafitasi bumi. Dengan gaya yang lebih kecil membuat bulan semakin jauh dari bumi. Proses menjauhnya bulan ke bumi kurang lebih 3.8 cm/tahun. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dibulan ternyata tidak ada air bahkan udara. Namun kita sering melihat kawah disekeliling bulan, hal tersebut diakibatkan karena benturan asteroid maupun komet. Dengan tidak adanya air dan udara membuat kesimpulan bahwa bulan tidak terdapat kehidupan. Bulan tersusun oleh mantel, inti serta kerak. Kerak bulan mengandung mineral kalsium serta batuan granit yang memiliki tebal sekitar 48 sampai 74 km. Dibagian bawah kerak terdapat mantel yang tersusun oleh sedikit logam besi dan mineral silikat. Menurut teks lapporan hasil observasi yang telah dibuat oleh peneliti, bulan tersebut terdapat inti yang sangat keras sekitar 240 km dengan ketebalan bagian luarnya ialah 300 km. Didalam inti bulan terdapat isi besi serta dilapisi oleh lapisan kental sekitar 500 km.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Lingkungan

Kebersihan Lingkungan Sekitar Rumah

Setiap manusia pasti memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar rumah masing masing. Dengan adanya kesadaran dalam kebersihan lingkungan dapat membuat lingkungan sekitar menjadi bersih, sehat serta nyaman untuk ditempati. Lingkungan yang bersih juga dapat menghindarkan penyakit yang akan menyerang tubuh manusia. Kebersihan lingkungan sekitar rumah sangat terjaga dengan adanya ajakan serta kewajiban dari setiap RT yang harus menjaga kebersihan masing masing. Kebersihan tersebut juga dapat terlihat pada selokan selokan yang sering dibersihkan agar tidak tersumbat serta mulai adanya tempat pembuangan sampah disetiap rumah. Tempat sampah tersebut dapat berupa drum maupun tong besar. Kebersihan sekitar tong sampah tersebut juga terjaga sehingga tidak membuat bau yang tidak sedap disekelilingnya. Dengan kejadian tersebut dapat dibuat teks laporan hasil observasi yang membuat contoh kesadaran masyarakat yang kurang menjaga kebersihan rumahnya. Tidak hanya pemilik rumah saja yang ikut andil dalam menjaga kebersihan rumahnya masing masing. Melainkan seluruh warga desa maupun komplek perumahan yang juga menjaga kebersihan sekitar rumah baik didepan rumah maupun dijalan dekat rumah. Para wargapun setiap seminggu sekali mengadakan kerja bakti untuk menjaga kebersihan sekitar rumahnya. Kebersihan lingkungan akan terjaga apabila setiap orang memiliki pola hidup yang sehat dan bersih.

Demikianlah contoh teks laporan hasil observasi pada tumbuhan, hewan, alam dan lingkungan. Teks laporan hasil observasi tersebut telah saya sajikan secara lengkap berdasarkan observasi yang dilakukan sebelumnya. Artikel diatas juga memuat pengertian teks laporan hasil observasi, tujuan pembuatannya serta ciri dan struktur pembuatan contoh teks laporan hasil observasi tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini