Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik

Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik - Di dalam dunia seni terdapat beberapa jenis kesenian. Kesenian tersebut dapat berupa seni rupa, seni teater, kerajinan tangan, seni tari dan seni musik. Setiap seni memiliki pengertian, fungsi dan unsur unsur seni musik masing masing. Namun pada dasarnya semua hasil seni tersebut merupakan karya seni yang berupa inspirasi masing masing orang. Kali ini materi belajar akan membahas mengenai seni musik. Setiap orang pasti menyukai musik, mulai dari musik jazz, pop, dangdut serta genre musik lainnya. Musik merupakan perpaduan suara dengan intrumen yang membentuk harmonisasi yang terdengar indah. Mungkin anda sudah mengenal beberapa jenis musik.
Genre musik tersebut memilki ciri khas masing masing. Dengan ciri khas tersebut akan menghasilkan isi lagu yang berbeda pula. Namun tahukah ada pengertian seni musik sebenarnya? Apa saja fungsi musik? Unsur unsur apa saja yang terkandung didalamnya? Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak mengenai pengertian seni musik, fungsi seni musik dan unsur unsur seni musik tersebut.

Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik

Seni musik dapat kita pelajari saat kita masih berada di sekolah dasar. Setelah masuk sekolah menengah pertama seni musik tersebut mulai berkembang. Hingga sampai sekolah menengah atas seni musik lebih dikembangkan lagi dengan unsur unsur yang lebih luas. Pengertian seni musik tersebut dapat dijelaskan secara umun maupun berdasarkan para ahli. Selain hal tersebut pada fungsi dan unsur seni musik terdapat beberapa point yang penting seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Pengertian Seni Musik

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yang berarti mousikus. Istilah tersebut berasal dari nama dewa yunani yaitu Mousikus yang memiliki suara yang indah maupun menguasai seni musik beserta ilmunya. Pengertian seni musik dapat dijelaskan berdasarkan beberapa sumber. Adapun pengertian seni musik tersebut meliputi:
  • Berdasarkan wikipedia, Seni Musik adalah suatu seni yang membentuk sebuah suara yang terdiri dari lagu, irama serta membentuk harmonisasi pada bidang musik yang berasal dari alat alat musik sehingga terdapat sebuah irama.
  • Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Seni Musik adalah suatu ilmu yang tersusun oleh nada nada suara dengan susunan hubungan temporal, urutan serta kombinasi yang akan menciptakan sebuah suara  yang saling berhubungan.
  • Menurut Aristoteles, Seni Musik adalah hasil dari tumpahan perasaan dalam bentuk tenaga yang menggambarkan gerak rasa yang memiliki sususan suara yang teratur. 
  • Menurut Jamalus, Seni Musik adalah suatu lagu yang dihasilkan oleh seni musik berdasarkan curahan perasaan serta pikiran dari seorang pencipta yang melewati unsur unsur musik meliputi melodi, irama, bentuk lagu, harmoni lagu maupun ekspresi yang saling bersatu.
Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater
  • Menurut David Ewen, Seni Musik adalah gabungan dari nada nada musik baik berupa instrumental maupun vokal yang menghasilkan seni musik serta ilmu pengetahuan sehingga terdapat harmonisasi dan melodi yang berasal dari seseorang untuk menggambarkan isi hati maupun segi emosional orang tersebut. 
  • Berdasarkan ahli perkamusan, Seni Musik adalah seni yang saling bergabung membentuk ritmik nada vokal dan nada instrumental dengan mengaitkan melodi serta harmonisasi dalam mencurahkan perasaan dalam segi emosional.
Bedasarkan pengertian pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa seni musik ialah suatu ilmu mengenai aspek seni yang berkaitan dengan bunyi, nada, dan suara yang berpusat pada unsur unsur seni seperti melodi, irama, serta harmoni yang melukiskan curahan perasaan dari pencipta dalam segi emosional.

Fungsi Seni Musik

Seni musik merupakan kesenian yang paling disukai oleh masyrakat luas. Dari jaman dahulu musik sudah mulai digunakan seperti saat acara keagamaan, upacara penyambutan, dan masih banyak lagi fungsi fungsi lainnya. Musik juga digunakan dalam acara acara tertentu sesuai dengan jenis musik yang digunakan. Musik memang sudah berkembang dikalangan masyarakat, untuk sebab itu saya akan menjelaskan mengenai fungsi musik tersebut sesuai dengan kelompok kelompoknya. Langsung saja kita simak berbagai fungsi seni musik dibawah ini:

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Hiburan
Fungsi seni musik yang pertama adalah elemen musik dapat digunakan untuk sarana penghibur kita. Musik tersebut juga berpengaruh terhadap mood atau ungkapan perasaan seseorang. Musik tersebut dapat menghibur seseorang yang mengalami kebosanan, kepenatan terhadap sesuatu hal maupun saat seseorang sedang patah hati. Selain hal tersebut musik juga dapat membuat kita melupakan masalah masalah yang terjadi setiap hari. Apabila mood anda sedang tidak baik maka anda dapat mendengarkan musik agar mood lebih baik.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Ekspresi Diri
Terlepas dari unsur unsur seni musik dan pengertian seni musik secara umum. Dalam dunia seniman, musik merupakan curahan perasaan serta ekspresi diri yang dituangkan kedalam sebuah lagu maupun musik. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan bakat serta lebih mudah dalam mencurahkan isi dari perasaan. Musik tersebut akan mudah diterima oleh masyarakat luas apabila diungkapkan dalam sebuah tulisan lagu yang mudah dimengerti dan dinyanyikan dengan suara yang jelas. Suara tadi dapat dipadukan dengan instrumen serta irama yang mewakilkan perasaan atau curahan hati dari seorang penciptanya. Contohnya pada lagu yang bersifat sedih dapat menggunakan irama yang lebih lambat serta halus. Sedangkan untuk lagu yang mengekspresikan perasaan bahagia dan ceria maka dapat menggunakan irama yang lebih cepat seakan akan menggebu gebu. 

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Upacara
Fungsi seni musik pada jaman dahulu umumnya dapat digunakan untuk upacara upacara keagamaan seperti upacara kelahiran, upacara perkawinan, upacara kematian, maupun upacara upacara keagamaan lainnya. Jaman sekarang pun musik tetap digunakan dalam acara tersebut dengan lebih dikembangkan lagi. Pada daerah tertentu musik tersebut dianggap magis atau mempunyai kekuatan dengan hal hal yang gaib.
Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Terapi
Pada jaman dahulu musik digunakan untuk mengobati korban korban perang yang terjadi saat perang dunia II.  Penggunaan musik sebagai media terapi tentunya tidak terlepas dari unsur unsur seni musik yang dapat menciptakan ketenangan. Penggunaan musik tersebut untuk menyembuhkan penyakit penyakit yang bersifat mental maupun pelumpukan organ tubuh. Namun jaman sekarang musik dapat digunakan untuk terapi pada otak agar organ organ yang sudah tidak bekerja dapat pulih kembali.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Komersial
Untuk beberapa orang yang telah terjun dalam dunia seni maka musik dapat dijadikan untuk mencari nafkah. Hasil karya tersebut direkam dengan kualitas yang bagus dan dibuat menjadi sebuah CD lagu. Lagu tadi kemudian dijual kepada masyarakat luas. Dengan karya seni yang mereka buat tadi dapat menghasilkan uang untuk kebutuhan hidup sehari hari. Adapula yang melakukan pertunjukan musik dengan biaya masuk tertentu. Musik juga dapat digunakan dalam dunia perfilman tentunya dengan memperhatikan unsur unsur seni musik itu sendiri. musik tersebut digunakan untuk mengiringi film tersebut yang biasa disebut soundtrack film maupun soundtrack soundtrack iklan pada acara televisi dan radio.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Tari
Selain fungsi fungsi diatas adapula fungsi lain yang sangat menunjang sebuah karya seni. Salah satunya adalah seni tari. Dengan perpaduan antara musik dengan sebuah tarian akan menghasilkan sebuah karya seni yang sangat indah. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Unsur unsur seni musik dalam bidang ini dapat dilihat ketika seorang penari tidak diiringi oleh musik maka penari tersebut akan sulit memperagakan sebuah tarian. Namun apabila terdapat sebuah musik tetapi tidak ada penari maka musik tersebut akan terasa kosong. Di negara Indonesia musik daerah sering kali digunakan untuk mengiringi tarian tarian daerah masing masing. Tidak hanya di Indonesia saja fungsi musik juga digunakan oleh negara negara lain dalam mengiringi tarian tersebut misalnya tarian balet, dansa dan lain lain.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Komunikasi
Di sebagian daerah Indonesia musik dapat digunakan untuk media komunikasi. Musik tersebut menandakan sebuah peristiwa yang sedang terjadi. Dengan pola ritme tertentu maka peristiwa tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat luas melalui sebuah lantunan musik. Di Indonesia alat alat yang sering digunakan dalam sarana komunikasi ialah bedug di masjid, kentongan, serta lonceng gereja.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Kreatifitas
Kreatifitas adalah bakat yang dimiliki oleh setiap orang untuk menciptakan sebuah karya seni. dengan adanya sifat kreatif maka seseorang dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan tingkah laku yang telah diiringi oleh musik.

Fungsi Seni Musik Sebagai Sarana Pendidikan
Untuk fungsi seni yang terakhir yaitu sebagai sarana pendidikan. Musik tersebut dapat digunakan untuk program belajar mengajar siswa. Siswa tersebut didengarkan lagu lagu perjuangan agar lebih menghargai dan mencintai tanah air kita. Selai lagu perjuangan adapula lagu daerah yang dapat menumbuhkan sifat tolerasi terhadap perbedaan suku, agama, ras serta kebudayaan. Fungsi musik juga telah diungkapkan oleh Muhammd Hatta bahwa musik dapat menumbuhkan budi perkerti serta jiwa yang halus dalam diri seseorang. Musik tersebut juga dapat sebagai sarana pengembangan siswa dalam hal pengembangan jiwa yang meliputi tingkah laku. 

Unsur Unsur Seni Musik

Dibawah ini adalah unsur unsur seni musik yang harus diperhatikan dalam pembuatan hasil karya seni musik.

Unsur Seni  Musik : Melodi
Melodi merupakan unsur seni musik yang berkaitan dengan panjang pendek serta tinggi rendahnya sebuah irama musik. Unsur tersebut digunakan untuk memberikan kesan bahwa irama tersebut sampai pada puncak lagu dan kemudian kembali seperti irama sebelumnya. Di dalam unsur melodi terdapat beberapa bagian yaitu durasi, pitch, serta tone. Durasi adalah not not dalam sebuah lagu yang memiliki waktu tertentu. Pitch atau timbre adalah sekumpulan not yang membentuk sebuah lagu dan biasanya dilambangkan dalam huruf A sampai G. Sedangkan tone adalah penggunaan alat musik yang menghasilkan sebuah not not dan irama irama lagu yang berbeda beda.
Baca juga : 8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu
Unsur Seni  Musik : Harmoni
Hamoni merupakan bagian dari sebuah ilmu seni yng didalamnya terdapat hal hal mengenai keselarasan tata letak sebuah musik. unsur seni musik Harmoni berkaitan dengan beberapa kord atau kunci yang berjalan secara terus menerus. Dalam unsur ini sebuah harmoni musik akan terlihat ketika pelepasan serta penekanan pada lagu dapat terjadi secara seimbang. Unsur harmoni terdiri dari kunci, skala maupun interval. Interval adalah unsur harmoni yang berkaitan dengan jarak antara dua buah lagu. Kunci adalah sekumpulan not yang mengontrol suatu melodi dalam interval tertentu. Sedangkan skala merupakan serangkaian not yang berfungsi dalam merangkai sebuah lagu serta sebagai pedoman yang digunakan untuk memainkan sebuah musik dengan lantunan not not musik.

Unsur Seni  Musik : Ritme 
Ritme adalah unsur utama dalam sebuah musik yang berisi sekumpulan gerakan yang bersifat teratur. Ritme tersusun oleh sekumpulan bunyi yang memiliki sifat panjang pendek dalam kurun waktu yang berbeda beda. Selain hal tersebut ritme juga tersusun oleh sekumpulan model irama yang membentuk sebuah gerakan yang teratur dalam setiap alunan irama. Ritme dapat digunakan sebagai pengatur suara maupun keheningan. Di dalam ritme terdapat unsur seni musik turunan berupa ketukan, not maupun tempo. Dalam sebuah musik harus ada tempo yang memiliki keteraturan dalam not not yang harus dimainkan dalam satu ketukan. Tempo tersebut dapat digunakan sebagai pengatur kecepatan dalam musik agar tetap sesuai dan teratur.

Unsur Seni  Musik : Dinamik
Dinamik merupakan tahapan dalam memainkan sebuah musik yang berisi unsur keras lembutnya sebuah irama. Hal tersebut digunakan agar musik tidak terdengar monoton. Faktor keras lembutnya sebuah musik mempunyai istilah sendiri dalam seni musik. Misalnya dalam alat musik piano terdapat istilah Pianissimo (pp) yang berarti sangat lembut, Piano (p) yang berarti lembut, Mezzo piano (mp) yang berarti setengah lembut, Mezzo forte (mf) yang berarti setengah keras, Forte (f) yang berarti keras serta Fortissimo (ff) yang berarti sangat keras. Selain unsur tadi terdapat tanda lain yang digunakan dalam sebuah dinamik pada seni musik seperti descrendo maupun crescendo. Crescendo merupakan tanda dalam sebuah musik yang dimainkan secara keras. Sedangkan descrendo merupakan tanda dalam sebuah musik yang dimainkan secara lembut.

Unsur Seni  Musik : Tangga Nada
Tangga nada merupakan unsur seni musik yang berisi sebuah urutan nada yang membentuk seperti tangga. Tangga nada terdiri dari dua unsur seperti tangga nada diatonik maupun tangga nada pentatonik. Tangga nada diatonik adalah tangga nada yang tersusun dari tujuh interval yang telah dibuat sebelumnya. Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang tersusun dari lima nada nada pokok. Pada sebuah tangga nada terdapat satu nada yang kemudian dibelakangnya terdapat nada nada lain yang membentuk tinggi rendahnya pola  interval yang membuat ciri khas dari sebuah musik.

Demkianlah mengenai pengertian seni musik, fungsi seni musik dan unsur unsur seni musik yang dapat saya bagikan. Musik merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan musik anda dapat mengekpresikan perasaan yang dialami sekarang. Jika anda menyukai musik maka jangan ragu untuk mengembangkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini