Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional - Berapa ukuran lapangan voli standar nasional dan internasional? Seperti yang kita ketahui, bola voli merupakan olahraga yang populer dimainkan di Indonesia. Selain itu olahraga ini juga dikenal merakyat karena dapat dimainkan oleh 6 orang pemain dalam satu regu atau tim dan terbukti sangat seru.

Tidak hanya masyarakat saja, namun dalam dunia pendidikan baik SMP, SMA hingga perguruan tinggi pun kita dapat menemukan olahraga voli ini dengan sangat mudah. Umumnya ukuran lapangan bola voli yang digunakan mengacu pada ukuran standar nasional. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang menentukan sendiri ukuran lapangan voli yang akan mereka mainkan.

Selain populer di kalangan masyarakat indonesia, permainan bola voli ini juga sangat populer di mancanegara. Bahkan olahraga bola voli ini juga dijadikan sebagai ajang kejuaraan dalam berbagai olimpiade maupun lomba antar negara. Perlombaan bola voli ini tentunya sangat berbeda dengan permainan bola voli yang ada di Indonesia. Umumnya dalam perlombaan akan digunakan ukuran lapangan bola voli standar internasional.

Pada dasarnya terdapat 2 ukuran lapangan voli yang mengacu pada PBVSI (persatuan bola voli seluruh Indonesia) serta FIVB (Federation of international Volley Ball) yang merupakan wadah internasional bola voli. dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang gambar lapangan bola voli dan ukuran lapangan bola voli yang mengacu pada standar internasional dan standar nasional.

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

Pada dasarnya baik asosiasi bola voli nasional dan internasional memakai ukuran lapangan voli yang sama. Standar ukuran lapangan bola voli yang mengacu pada PBVSI dan FIVB adalah sebagai berikut.

  1. Panjang lapangan bola voli : 18 meter.
  2. Lebar lapangan bola voli : 9 meter.
  3. Lebar garis serang bola voli 3 meter.

Untuk lebih memahami materi ukuran lapangan voli secara lebih jelas silahkan simak gambar lapangan bola voli dibawah ini
Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional
Gambar Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional

Sedangkan untuk ukuran net bola voli dan tinggi tiang bola voli ada sebagai berikut:

  1. Lebar net bola voli: 1 metter.
  2. Tinggi net bola voli untuk pria : 2.43 metter.
  3. Tinggi net bola voli untuk putri : 2.24 metter.
  4. Tinggi tiang bola voli : 2.55 meter.
  5. Jarak antara garis samping lapangan voli dengan tiang net adalah 0,5 hingga 1 meter.
  6. Tinggi antena net voli : 0,8 centimeter.
  7. Pita tepi atas pada net : 5.0 centimenter.
  8. Mata jala pada net : 10 centimeter.

Pada dasarnya materi tentang bola voli yang meliputi gambar lapangan voli, ukuran lapangan, tinggi net bola voli, ukuran net bola voli dapat dengan mudah kita gali lebih dalam di sekolah. Selain mengetahui ukuran lapangan voli kita juga harus mengetahui peraturan peraturan permainan bola voli tersebut. Sekian artikel kali ini yang berjudul Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional yang dapat saya sampaikan kali ini terimakasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini