Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya - Dalam pelajaran seni budaya terdapat materi yang menjelaskan mengenai jenis jenis alat musik tradisional Indonesia berdasarkan cara memainkannya. Jenis alat musik tradisional dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi misalnya menurut cara memainkannya, menurut sumber bunyinya, dan sebagainya. Didunia ini banyak sekali jenis alat musik tradisional yang berkembang, mulai dari alat musik petik hingga alat musik pukul. Alat musik tersebut berasal dari setiap daerah dengan unsur budaya dan nama yang berbeda beda. Salah satunya ialah jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jenis jenis alat musik tradisional yang dibedakan menurut cara memainkannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya

Jenis alat musik tradisional Indonesia berdasarkan cara memainkannya dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik sentuh dan alat musik petik. Setiap jenis alat musik tradisional tersebut memiliki ciri dan cara memainkannya masing masing. Dibawah ini terdapat beberapa jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya beserta penjelasannya.
Baca juga : Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak

Jenis Alat Musik Tiup

Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang pertama ialah jenis alat musik tiup. Alat musik tiup merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara meniupnya. Namun cara meniup alat musik tersebut tidak boleh sembarangan karena memerlukan teknik khusus yang digunakan. Caranya dengan meniup sekuat tenaga, tipis maupun sedang. Dalam alat musik tiup ini terdapat lubang lubang tuts nada. Lubang tuts nada tersebut memiliki jenis suara yang berbeda beda. Jenis alat musik ini bahkan dapat dimainkan secara solo maupun grub. Biasanya dalam sebuah grub musik, alat musik tiup dipadukan dengan beberapa jenis alat musik lain sehingga dapat dinikmati oleh pendengarnya. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara ditiup misalnya harmonika, saksofon, tuba, seruling, clarinet, horn, dan flute.

Jenis Alat Musik Petik

Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya selanjutnya ialah jenis alat musik petik. Alat musik petik merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini banyak sekali peminatnya dan sering juga banyak yang mempelajarinya, khususnya anak anak remaja hingga dewasa. Walaupun cara memainkannya cukup sulit karena tekniknya yang rumit namum peminat jenis alat musik ini semakin lama semakin banyak. Bahkan banyak musisi musisi musik yang piawai dalam memainkan alat musik petik ini. Tahap kesulitan yang paling utama berada pada kunci nadanya. Namun walaupun demikian, alat musik petik memiliki rentang nada yang cukup banyak. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara dipetik misalnya harpa, bas, ukulele, gitar, mandolin, clarinet, banjo, siter, kecapi, dan sasando.

Jenis Alat Musik Pukul

Selanjutnya jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya ialah jenis alat musik pukul. Alat musik pukul merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Jenis alat musik ini biasanya tidak memiliki tangga nada maupun kunci yang jelas. Maka dari itu nada nada yang digunakan umumnya hanya melengkapi dan mengikuti saja. Dalam sebuah pertunjukan musik, alat musik ini biasanya dibunyikan diakhir setelah alat musik lain dimainkan. Hal tersebut dilakukan agar nadanya dapat selaras dan enak didengar. Alat musik pukul dapat digunakan untuk melengkapi musik musik yang bergaya beat dengan hentakan yang cukup kuat. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara dipukul misalnya kendang, rebana, gong, drum, ketipung, simbal, tamborin, dan kastanyet.
Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Unsur Unsur Seni Musik

Jenis Alat Musik Gesek

Selanjutnya jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya ialah jenis alat musik gesek. Alat musik gesek merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek. Jenis alat musik ini juga digunakan untuk melengkapi pertunjukan musik saja. Namun dalam pertunjukan musik orkestra maupun pertunjukan opera, jenis alat musik ini merupakan alat pengiring yang utama. Alat musik ini memiliki tingkat yang cukup sulit dalam memainkannya. Hal tersebut dikarenakan dalam memainkannya terdapat peranan dalam menggeseknya. Alat musik gesek juga memiliki tangga nada maupun kunci tersendiri. Maka dari itu untuk memainkannya memerlukan teknik yang benar. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara digesek misalnya cello, biola, violin, viola, bas kontra maupun rebab.

Jenis Alat Musik Sentuh

Jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang terakhir ialah jenis alat musik sentuh. Alat musik sentuh merupakan jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditekan. Jenis alat musik ini biasanya dimainkan dalam acara pertunjukan musik daerah maupun pertunjukan musik dengan taraf internasional. Alat musik tekan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu alat musik tekan manual maupun alat musik tekan elektronik. Kedua alat musik tekan tersebut memiliki teknik memainkan yang hampir sama. Tetapi tuts nadanya terkadang memiliki suara yang berbeda. Tidak hanya itu saja, melainkan efek suara yang dihasilkan juga berbeda. Dalam alat musik tekan elektronik lebih memiliki variasi nada yang beragam. Jenis alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya secara ditekan misalnya organ, keyboard, dan piano.

Demikianlah beberapa jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya yang dapat saja jelaskan. Apapun jenis alat musiknya memiliki teknik dan cara memainkan yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini