10 Kemampuan Adaptasi Laba Laba

10 Kemampuan Adaptasi Laba Laba - Makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup memiliki tingkatan dalam mencari makanan. Ada yang menjadi predator dan ada yang menjadi mangsa. Salah satu contoh predator tersebut ialah hewan laba laba. Laba laba sering di jumpai di sekitar kita. Laba laba tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi laba laba sangat mudah karena hewan tersebut merupakan jenis hewan yang cukup berjaya dalam kerajaan predator. Hal tersebut dapat terjadi karena kemampuan laba laba dalam beberapa keahlian yang mereka miliki, Kemampuan laba laba tersebut meliputi terdapat taring yang bersifat racun korosif serta kaki yang sudah didesain untuk melewati area apapun.
Bahkan laba laba memiliki zat perekat yang dapat dikeluarkan dengan kekuatan yang melebihi baja 25 kali lipat. Apakah anda juga mengetahui dimana tempat adaptasi laba laba? Apa saja kemampuan laba laba? Mungkin laba laba tergolong hewan yang cerdik karena mereka membuat jaring jaring yang beraturan dalam proses menangkap mangsa. Jaring laba laba tersebut terdapat zat perekat agar mangsa tidak dapat lepas saat berada diatas jaring. Menurut beberapa orang laba laba tidak memerlukan kemampuan serta adaptasi. Namun sebenarnya hal tersebut sangat dibutuhkan untuk bertahan hidup. Kali ini materi belajar akan membahas mengenai kemampuan adaptasi laba laba.

10 Kemampuan Adaptasi Laba Laba

Dalam bertahan hidup hewan laba laba perlu memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungannya. Kemampuan adaptasi laba laba sangatlah bagus karena hewan ini menunjukan sifat khusus yang tidak biasa. Adapun 10 kemampuan adaptasi laba laba sebagai berikut:
  • Raja Kamuflase atau Raja Penyamar
Pada kemampuan adaptasi laba laba yang pertama adalah raja kamuflase. Kamuflase adalah kemampuan laba laba dalam mengelabuhi mangsanya agar mirip seperti lingkungannya. Terdapat jenis hewan yang dapat membuat jaring yang hampir sama dengan sutera, salah satunya hewan laba laba. Dalam menyimpan mangsanya, laba laba membungkus mangsa tersebut seperti mummy menggunakan jaring tadi. Namun waktu pembungkusannya memerlukan waktu yang cukup lama. Jaring laba laba memiliki warna yang hampir sama dengan warna mereka sehingga dapat berkamuflase dengan lingkungannya. Hal tersebut dilakukan agar pemangsa laba laba seperti cupang, burung kecil maupun lalat perampok dapat terperangkap di jaring tersebut.

  • Mimikri Semut
Jenis hewan laba laba memiliki berbagai macam atau spesies. Salah satu spesies laba tersebut adalah laba laba pelompat. Dengan jumlahnya yang ratusan serta bentuknya yang kecil maka dapat disebut laba laba semut atau Archinida. Kemampuan adaptasi laba laba jenis ini sangat unik karena mereka menyamar bak sekumpulan semut. Dengan penyamaran tersebut laba laba dapat mengelabuhi predator lain agar tidak memangsa laba laba. Selain untuk melindungi diri, kemampuan laba laba tersebut juga untuk mencari makanan berupa serangga.
Baca juga : Pengertian, Ciri Ciri dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)
  • Laba Laba Jenis Penerbang
Kemampuan adaptasi laba laba selanjutnya adalah jenis penerbang. Laba laba tersebut memiliki bentuk yang kecil serta masih dalam umur yang sangat muda yaitu baru menetas. Laba laba yang baru menetas bahkan dapat melaksanakan petualangan dengan jarak ratusan hingga ribuan mil. Kemampuan laba laba tersebut ialah "Ballooning". Dalam melakukan petualangan tersebut dibekali dengan jaring laba laba khusus yang bernama "Gossamer". Jaring gossamer memiliki spesifikasi yaitu memiliki bentuk segitiga piramid, didesain agar mudah terbang saat tertiup angin, jaring ini dapat bertahan diudara berminggu minggu agar laba laba dapat berpetualang melewati pulau, samudra dan lautan. 

  • Kotoran Palsu
Adaptasi laba laba selanjutnya adalah menciptakan gumpalan kotoran seperti kotoran burung dalam melaksanakan penyamaran. Kemampuan laba laba tersebut dapat dimiliki oleh laba laba jenis Celaenia Excavata. Penyamaran ini lebih meyakinkan dibandingkan dengan penyamaran penyamaran lainnya. Laba laba tersebut dibekali dengan warna kulit yang mirip sebuah kotoran yang dilengkapi dengan tempat yang sama dengan benih. Untuk meyakinkan predator lain, laba laba tersebut duduk di splatter yang terbuat dari sutera miliknya. Penyamaran ini tergolong dalam jenis penyamaran yang sempurna. Pada penyamaran laba laba ini tidak akan membuat predator lain menjadi selera makan. Namun malah dapat meningkatkan selera pada hewan lalat.

  • Koloni Jaring Super
Kemampuan  adaptasi laba laba ini menggunakan jaringnya. Banyak laba laba yang memiliki sifat agresif soliter. Sifat tersebut muncul saat terdapat laba laba lain maupun predator lain yang berusaha mengambil makanan diwilayahnya. Namun adapula jenis laba laba yang memiliki sifat toleransi dan bekerja sama membangun kerajaan laba laba yang kuat. Kemudian laba laba tersebut membuat komplek jaringan yang kokoh. Laba laba tersebut ialah Aduador's Theridion Nigroannulatum. Laba laba jenis ini memiliki jumlah yang ribuan dan membuat jaring sutera ditanah. Saat mangsa besar terjebak dalam jaring tersebut maka ribuan laba laba saling bekerja sama untuk membugkusnya.

  • Pesona Mematikan
Kemampuan adaptasi laba laba ini menggunakan araknhida yang dapat menghasilkan jaring yang dibentuk seperti bola kemudian diulurkan menggunakan tali dan diberi umpan untuk memancing mangsanya. Kemampuan laba laba ini dimiliki oleh jenis laba laba bola (Mastophorea). Saat musim reproduksi laba laba mastophorea ini menghasilkan feromon untuk menarik perhatian ngengat jantan. Hal tersebut dilakukan agar ngengat jantan dapat terjebak dalam umpan tadi.

  • Laba Laba Jenis Penyelam
Adaptasi laba laba ini dapat kita temukan didalam air. Laba laba penyelam tersebut tergolong dalam laba laba sejati Argyroneta Aquatica. Laba laba jenis ini memiliki bulu halus untuk mengikat udara agar terdapat disekeliling tubuhnya. Hal tersebut dilakukan agar laba laba dapat bebas keluar masuk ke dalam air. Jaringan dalam laba laba penyelam berfungsi sebagai tempat anak anaknya besar serta mengkonsumsi makanannya.
Baca juga : 8 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
  • Jaring Tangan Mini
Adaptasi laba laba selanjutnya menggunakan jaring tangan mini. Laba laba tersebut berjenis Net Casting atau Ogre Faced yang dapat membuat Deinopidae. Hal ini digunakan dengan posisi jaring kecil yang tergantung terbalik  dengan pada bagian kakinya yang kedepan agar dapat menarik mangsanya menuju sutra yang telah dibuat sebelumnya. Sutra ini memiliki keistimewaan yaitu dapat menarik sendi serta rambut mangsa saat ingin berusaha kabur contohnya velcro. Sutera yang ukurannya kecil ini dapat menjerat mangsa mangsa yang besar maupun kuat.

  • Jebakan Bunga
Adaptasi laba laba jenis ini terdapat ditaman bunga. Laba laba tersebut membuat pola jaring yang berbeda dengan lainnya. Hal tersebut masih diperdebatkan dalam beberapa  peneliti. Karena cara kemampuan laba laba tersebut merupakan penyamaran yang unik. Pembentukan pola khusus pada laba laba ini bertujuan untuk menarik perhatian mangsanya karena bersifat reflektif terhadap sinar ultra violet.

  • Laba Laba Penembak
Kemampuan laba laba dalam membungkus mangsanya secara rapi hampir dimiliki oleh semua laba laba. Adaptasi laba laba tersebut dibekali dengan sutera organ yang terdapat diujung perut. Namun adapula jenis laba laba yang tidak memilikinya yaitu jenis Genus Scytodes atau laba laba meludah. Laba laba ini mempunyai tambahan kelenjar sutera yang berhubungan dengan bagian mulut. Saat mencari mangsanya, laba laba ini merayap kemudian menembakkan kelenjar tadi yang telah terdapat racun didalamnya.

Demikianlah kemampun adaptasi laba laba yang dapat saya jelaskan. Laba laba dapat dibagi menjadi berbagai jenis. Setiap jenis memiliki kemampuan laba laba yang berbeda beda dalam menjerat mangsanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk lebih memahami sesuatu hal yang terkait dengan adaptasi laba laba. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "10 Kemampuan Adaptasi Laba Laba"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini