Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan

Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan - Dalam pelajaran matematika terdapat materi mengenai diagram. Tentunya anda sudah menjumpai contoh soal bagian diagram bukan? Diagram merupakan grafik yang digambar dengan disertai keterangan maupun penjelasan tentang prosedur, kegiatan maupun sarana yang biasanya dijalankan. Diagram tersebut dapat diibaratkan sebauah gambaran sketsa yang menggunakan simbol maupun garis untuk menjelaskan sesuatu. Diagram tersebut memiliki fungsi yaitu memberikan kemudahan dalam membuat rincian data seperti angkai dan sebagainya. Mungkin anda tidak asing lagi dengan diagram lingkaran beserta contoh soal bagian diagram lingkaran.

Jenis diagram tersebut tergolong kedalam macam macam bentuk diagram. Dalam ilmu Matematika, diagram memiliki beberapa bentuk seperti diagram garis, diagram batang, diagram batang daun, diagram kotak garis, dan diagram lingkaran. Semua diagram tersebut cara menentukan besarnya sama. Kali ini saya akan membagikan contoh soal bagian diagram lingkaran beserta pembahasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan

Sebuah data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran maupun diagram batang. Berdasarkan data tersebut, kita akan diberikan keterangan mengenai seluruh jumlah data maupun salah satu data saja. Data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dapat diketahui melalui bentuk persen (%) ataupun bentuk derajat. Jika data dalam bagian diagram lingkaran tersebut berbentuk derajat maka lingkaran tersebut memiliki besar 360 derajat secara utuh. Namun apabila data disajikan dalam bentuk persen maka lingkaran tersebut memiliki ukuran 100%  secara utuh. Dibawah ini terdapat beberapa contoh soal bagian diagram lingkaran beserta pembahasannya.
Baca juga : Rumus dan Contoh Soal Perbandingan Lengkap
1. Perhatikan diagram lingkaran dibawah ini.
Berdasarkan diagram tersebut terdapat data seluruh siswa kelas IX. Dari hasil pengamatan terdapat 40 siswa dalam kelas tersebut. Maka berapakah siswa yang gemar berolahraga lari ?
Pembahasan  (Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran #1):
Banyaknya siswa yang menyukai Lari :
Lari = 100% - (Data Badminton + Data Sepak Bola + Data Basket)
       = 100% - (20% + 25% + 50% )
       = 100% - 95% = 5%
Maka jumlah siswa suka lari 5/100 x 40 = 2 anak
Jadi jumlah siswa yang menyukai olahraga lari sebanyak 2 anak.

2. Disajikan diagram dibawah ini !
Berdasarkan data tersebut dapat diperoleh mata pencaharian desa Sukamakmur. Apabila jumlah penduduk yang berprofesi sebagai Polisi sebanyak 300 orang. Berapakah yang berprofesi sebagai buruh?
Pembahasan (Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran #2):
Baca juga : Rumus Luas dan Volume Tabung Beserta Cara Menghitungnya
3. Perhatikan diagram lingkaran dibawah ini!
Sebuh SMK Cempaka 2 memiliki data ekstrakurikuler seperti diagram diatas. Apabila banyaknya siswa yang menyukai ektrakurikuler 200 anak. Maka jumlah anak yang ikut ektrakurikuler musik dan PKS ialah...anak.
Pembahasan (Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran #3):

4. Disajikan diagram kegemaran olahraga dibawah ini.
Siswa Sukamaju memiliki kegemaran olahraga yang berbeda beda. Apabila jumlah siswa yang menyukai olahraga 300 anak. Berapa banyak siswa yang menyukai basket?
Pembahasan (Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran #4):
Basket = 100% - 50% - 25% - 10%
            = 15%
Banyak Siswa yang gemar basket = 15/100 x 300 = 45 anak
Jadi banyaknya siswa yang menyukai basket ialah 45 anak

5. Perhatikan diagram lingkaran dibawah ini.
Data diatas menunjukkan warna kesukaan siswa kelas VIII SMP Bina Jaya. Apabila jumlah anak yang menyukai warna biru sebanyak 20 anak. Maka berapakah jumlah siswa kelas VIII ?
Pembahasan (Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran #5):

Demikianlah beberapa contoh soal bagian diagram lingkaran yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Contoh Soal Bagian Diagram Lingkaran Beserta Pembahasan"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini