Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap - Disekitar kita terdapat beragam benda dengan bahan bahan yang berbeda. Benda benda tersebut juga memiliki sifat yang berbeda. Ada benda yang memiliki sifat lentur, keras, bisa menghantarkan panas, lunak, kedap air, tidak kedap air maupun tidak bisa menghantarkan panas. Sifat sifat bahan dari benda itu memiliki kegunaan yang berbeda pula. Maka dari itu benda benda yang terdapat disekitar kita terbuat dari bahan yang tidak sama. Dalam pembuatan suatu benda, kita harus memperhatikan sifat bahan dan kegunaan bahan tersebut. Dengan pemilihan bahan yang sesuai akan memberikan pemanfaatan yang sesuai pula.
Benda benda yang terdapat disekeliling kita berasal dari bahan yang tidak sama karena disesuaikan dengan sifat bahan dan kegunaan bahan tersebut. Contohnya meja berguna untuk meletakkan berbagi barang sehingga membutuhkan bahan yang memiliki sifat kuat serta keras seperti kayu. Mangkuk berguna untuk menaruh makanan sehingga harus memilih bahan yang bersifat licin dibagian permukaannya dan kuat. Masih banyak lagi contoh contoh benda yang berada disekitar kita dengan pemilihan bahan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sifat sifat bahan beserta kegunaan bahan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap

Benda yang terdapat disekeliling kita dapat dimanfaatkan dan digunakan apabila memiliki sifat bahan yang sesuai. Misalnya benda yang terbuat dari plastik yang tahan air, dengan bahan ini maka dapat dibuat menjadi tempat untuk menmpung air. Namun plastik memiliki sifat bahan yang tidak tahan terhadap api sehingga tidak cocok digunakan untuk pembuatan alat penggorengan maupun panci. Maka dari itu penyesuaian bahan harus diperhatikan dengan seksama agar dapat berfungsi dengan baik. Di bawah ini terdapat beberapa sifat bahan beserta kegunaan bahan tersebut :

1.  Bahan tidak tembus air. Sifat bahan tersebut tidak dapat tembus air contohnya tanah liat yang telah dibakar, kaca, karet dan plastik. Dengan sifat tersebut air tidak dapat masuk kedalam benda yang berbahan dasar tersebut. Kegunaan bahan ini biasanya digunakan untuk membuat benda yang berkaitan dengan air.
2. Bahan yang dapat menyerap air. Sifat bahan selanjutnya dapat menyerap air misalnya bahan kaos, kain pel, kertas dan katun. Adapula benda seperti buku pelajaran. Untuk bahan pada bagian sampulnya pasti memiliki bahan yang berbeda dengan halaman halaman lainnya. Di bagian sampulnya memang diberikan bahan yang terlapisi dengan minyak maupun tahan air. Kegunaan bahan ini agar buku dapat terlindungi dari air dan sebagainya.
3. Bahan lentur dan lembut. Sifat bahan ini lebih lentur dan juga lembut, contohnya bahan busa, kulit, katun, kapuk dan sutera. Kegunaan bahan tersebut agar nyaman ketika dikenakan ditubuh.
Baca juga : Pengemasan dan Perawatan Kerajinan dari Bahan Lunak
4. Bahan keras dan kuat. Sifat bahan keras dan kuat dimiliki oleh bahan kayu, logam dan batu. Kegunaan bahan tersebut untuk menahan benda yang berat. Biasanya bahan yang keras dan kuat diperlukan untuk membuat bangunan, alat rumah tangga ataupun furnitur.
5. Bahan lentur dan keras. Sifat bahan lentur dan keras dimiliki oleh bahan per logam maupun karet. Kegunaan bahan ini biasanya digunakan dalam mobil. Mobil tersebut sulit untuk tergelincir karena bagian bannya terbuat dari bahan karet. Bahan ban mobil ini memberikan cengkraman pada jalan dan dapat menahan beban mobil sehingga lebih tahan goncangan dan lebih aman.
6. Bahan yang transparan. Sifat bahan ini lebih tembus pandang, misalnya kaca. Bahan tersebut juga dapat dilalui oleh cahaya. Kegunaan bahan ini ialah untuk memudahkan kita agar dapat melihat keadaan dibalik bahan tersebut.

Alat alat yang terdapat disekitar kita terbuat dari bahan bahan yang tertentu. Dalam memilih alat tersebut harus memperhatikan sifat bahan dan kegunaan bahan. Sifat bahan dan kegunaan bahan yang sesuia dapat memudahkan kita dalam bekerja. Sifat bahan dalam sebuah benda tergantung pada susunannya. Sifat tersebut seperti halus, kasar, kedap air, lentur, kuat dan sebagainya. Berikut beberapa jenis bahan berdasarkan jenisnya :

Logam
Bahan pertama yang dapat digunakan dalam pembuatan benda ialah logam. Logam memiliki sifat bahan yang tahan air, dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik, mudah dibentuk dan ditempa, sulit untuk dibakar, tidak lentur, keras, kuat dan padat. Namun adapula logam yang berbentuk cair. Kegunaan bahan cair ini untuk pembuatan termometer. Sifat bahan logam ini juga dapat digunakan unutk beberapa hal seperti :
  • Untuk perhiasan, biasanya terbuat dari logam perak dan emas.
  • Untuk pembuatan alat alat pertanian karena memiliki sifat bahan yang dapat dibentuk, keras dan kuat. Contohnya sabit, garpu, cangkul. 
  • Untuk membuat kabel tembaga karena memiliki sifat yang dapat menghantarkan listrik.
  • Untuk bahan bangunan, jembatan maupun rumah karena memiliki sifat bahan yang tidak lentur, kuat dan keras.
  • Untuk membuat alat dapur karena memiliki sifat yang dapat menghantarkan panas.
Plastik
Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah plastik. Plastik merupakan minyak mentah yang telah diolah. Plastik memiliki sifat bahan yang mudah dibakar, lentur, transparan/tembus pandang, bahan isolator panas maupun listrik, kedap air, ringan, mudah dicetak maupun dibentuk. Berikut kegunaan bahan plastik menurut sifatnya :
  • Bahan utama untuk membuat wadah yang memiliki sifat tahan air serta ringan. Misalnya kantong plastik, gelas maupun ember.
  • Bahan untuk pegangan alat dapur dikarenakan memiliki sifat yang isolator terhadap panas.
  • Bahan utama untuk membuat mainan anak yang memiliki sifat mudah dicetak maupun dibentuk.
Kaca
Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah kaca. Kaca merupakan bahan yang berasal dari batu kapur, pasir silica ataupun abu soda. Sifat bahan kaca tersebut meliputi kuat, tidak dapat menyerap air, transparan, padat, dapat menahan panas, isolator dari bahan panas maupun listrik, dan mudah untuk dipanaskan maupun dibentuk. Kegunaan bahan ini menurut sifatnya yaitu

  • Untuk membuat peralatan rumah tangga karena tahan panas, misalnya gelas dan piring.
  • Untuk bahan pembuat kaca jendela karena memiliki sifat yang transparan atau tembus pandang.
Baca juga : 8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya
Kayu
Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah kayu. Kayu bersumber dari tumbuhan yang terdapat disekitar kita. Sifat bahan kayu ini meliputi kuat, keras, tidak tahan api, tidak tahan air, mudah untuk dibentuk, sebagai isolator listrik dan panas. Kegunaan bahan kayu menurut sifatnya yaitu :
  • Untuk bahan pembuatan pegangan alat dapur karena memiliki sifat yang tahan panas.
  • Untuk bahan bakar karena memiliki sifat yang mudah terbakar.
  • Untuk membuat rangka rumah karena memiliki sifat kuat dan keras.
  • Untuk bahan pembuatan perabotan rumah tangga karena memiliki sifat mudah dibentuk, kuat dan keras.
Karet
Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah karet. Bahan karet bersumber dari getah lateks atau karet. Sifat bahan karet meliputi tidak dapat ditembus air, tidak tahan terhadap api, elastis atau lentur, sebagai isolator listrik dan panas, mudah meleleh dan kuat. Kegunaan bahan ini menurut sifatnya meliputi :
  • Untuk bahan pembuatan peredam benturan karena memiliki sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk bahan pembuatan balon dan ban karena memiliki sifat yang lentur atau elastis.
  • Untuk bahan pembuatan pembungkus kabel karena memiliki sifat yang isolator terhadap listrik.
    Benang
    Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah benang. Benang merupakan pemintalan tali halus yang berasal dari bahan sintetis buatan maupun kapas. Kegunaan bahan benang juga dapat untuk menjahit. Benang tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis misalnya benang jahit, benang plastik, benang kasur dan sebagainya. Sifat bahan ini ialah tidak mudah untuk putus dan lebih lentur. Umumnya benang terbuat dari kapas sehingga sifatnya lebih kuat dari pada benang yang terbuat dari nilon.

    Kain
    Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah kain. Kain berasal dari serat. Serat tersebut kemudian dipintal agar menjadi sebuah benang. Benang tersebutlah yang kemudian djadikan menjadi sebuah kain. Bahan serat dapat dibagi menjadi dua yaitu :

    1. Serat Alami. Serat tersebut berasal dari tumbuhan dan hewan. Untuk serat yang berasal dari tumbuhan berasal dari kulit batang rami, kapas, dan kapuk. Sifat bahan serat ini ialah lebih lembut, lentur dan dapat menyerap air. Sedangkan serat dari hewan seperti sutra dan wol. Sifat bahan serat wol ialah halus, dapat menyerap air dan lebih hangat ketika dikenakan.  Untuk serat sutera memiliki sifat bahan yang sangat halus dan kuat. Kegunaan bahan tersebut sama yaitu membuat sebuah kain.
    2. Serat Sintetis. Serat sintetis berasal dari bahan plastik. Sifat bahan sintetis ialah tidak nyaman dikenakan, tidak dapat menyerap keringat, dan cepat kusut. Kegunaan bahan sintetis ialah untuk pembuatan pakaian yang berasal dari poliester maupun nilon

    Kertas
    Bahan terakhir yang dapat digunakan untuk pembuatan benda ialah kertas. Kertas berasal dari olahan kayu yang telah dibuat menjadi bubur kertas kemudian ditambahkan dengan kayu, jerami, sampah kertas, pepagan segar, dan kain. Sifat bahan kertas ini ialah mudah untuk dibakar, mudah menyerap air dan lebih halus. Kegunaan bahan ini misalnya untuk mrmbuat kertas minyak, manila, kertas HVS, dan karton.

    Inilah beberapa sifat bahan dan kegunaan bahan yang dapat saya bagikan. Ternyata banyak sekali benda benda yang berada disekitar kita dengan sifat dan kegunaan yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

    Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

    0 Response to "Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap"

    Post a Comment

    Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini