20 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

20 Pengertian Demokrasi Menurut Para AhliDemokrasi mulai diperkenalkan sejak dulu. Awal perkenalan demokrasi pertama kali terjadi di kota Athena Yunani pada abad ke lima sebelum masehi. Kata demokrasi berasal dari kata “Demos” yang berarti rakyat dan “Kratos” yang berarti pemerintahan. Maka dari itu pengertian demokrasi secara singkat yaitu pemerintahan rakyat. Pengertian tersebut memiliki maksud yang luas yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Hal inilah yang menjadi dasar dalam mengembangkan politik sebuah negara. Pengertian demokrasi juga dapat dikemukakan oleh beberapa ahli.
Walaupun pemerintahan demokratis dianggap sebagai sistem yang terbaik, tetapi didalamnya terdapat kekerasan atau anarki. Hal tersebut dikemukakan oleh tokoh Yunani kuno bernama Aristoteles dan Plato. Menurut mereka sistem pemerintahan yang paling baik bukanlah demokratis. Bahkan plato juga mengemukakan bahwa sistem pemerintahan yang paling baik ialah monarkhi karena sebuah negara diperintah secara penuh oleh raja demi kepentingan seluruh rakyat. Untuk lebih memahami makna dari demokrasi ini, anda harus memahami juga mengenai pengertian demokrasi baik secara umum maupun menurut para ahli. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Menurut bahasa Yunani, Demokrasi memiliki istilah “Demokratia” yang membentuk kata demos atau rakyat dan kratein atau pemerintahan (kekuasaan). Demokratis berarti pemerintahan atau kekuasaan rakyat. Pengertian demokrasi secara umum ialah sebuah sistem pemerintahan yang didalamnya terdapat peran rakyat dalam memerintah sebuah negara. Sistem ini bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat yang diperintah oleh pemerintahan negara. Pedoman utama dalam demokrasi ialah prinsip trias politica. Prinsip tersebut membagi kekuasan politik menjadi tiga bagian yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif. Ketiga kekuasaan tersebut harus memiliki sifat yang setara satu sama lain dan independen agar dapat saling mengawasi dan mengontrol. Menurut para ahli, demokrasi memiliki pengertian yang luas dengan makna yang berbeda beda.
Baca juga : Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli
Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli:

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pengertian demokrasi menurut KBBI memiliki dua makna yaitu:

  1. Demokrasi ialah sebuah bentuk sistem pemerintahan yang didalamnya terdapat peran serta rakyat dalam memerintah negara. Contohnya sebagai wakil terpilih bagi seluruh rakyat.
  2. Demokrasi ialah sebuah pandangan hidup dan gagasan yang mengedepankan hak, kewajiban dan memberlakukan semua rakyatnya sama.

Menurut Abraham Lincoln
Pengertian demokrasi yang kedua menurut Abraham Lincoln. Abraham Lincoln merupakan Presiden Amerika Serikat yang ke 16. Berdasarkan pendapatnya, pengertian demokrasi ialah sebuah sistem pemerintahan yang diciptakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dengan kata lain rakyat memegang kekuasaan paling tinggi dalam pemerintahan. Masing masing rakyat dalam pemerintah tersebut memiliki hak kesempatan dan hak bersuara yang sama dalam mengatur kebijakan pemerintah. Keputusan dalam sistem ini diambil berdasarkan suara terbanyak.

Menurut H. Harris Soche
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut H. Harris Soche. Menurut pendapat beliau, Demokasi ialah pemerintahan rakyat, dimana semua orang dapat memegang kekuasaan dalam pemerintahan. Bahkan rakyat mempunyai hak melindungi diri, mengatur dan mempertahankan diri dari paksaan wakil, badan ataupun orang yang berwenang dalam pemerintahan.

Menurut Hannry B. Mayo
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Hannry B. Mayo. Demokrasi ialah kebijakan yang bersifat umum dalam penentuan dasar mayoritas oleh wakil rakyat dimana didalamnya terdapat pengawasan yang selektif dan efektif. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memilih wakil rakyat dengan pedoman persamaan politik. Penyelenggaraan ini dilakukan dalam keadaan bebas berpolitik.

Menurut Charles Costello
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Charles Costello. Demokrasi ialah sistem pemerintahan politik dan sosial yang kekuasaannya dibatasi oleh hukum dan kebiasaan melindungi hak pribadi setiap warga negara. Sistem tersebut dilakukan berdasarkan pengakuan rakyat yang dijadikan sebagai pedoman legitimasi dan kedaulatan rakyat. Kemudian akan diwujudkan dalam iklim politik terbuka yang artinya pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) secara berkala dan bebas. Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pihak mana yang akan memerintah, bahkan mereka juga dapat menurunkan jabatannya kapan saja.
Baca juga : Proses Pembentukan Peraturan Perundang Undangan Nasional
Menurut John L Esposito 
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut John L Esposito. Demokrasi ialah sistem pemerintahan yang dilakukan dari rakyat dan untuk rakyat. Maka dari itu rakyat mempunyai hak berperan aktif, berpartisipasi, maupun mengontrol kebijakan pemerintah. Kemudian pemerintah juga memisahkan beberapa lembaga resmi menjadi berbagai jenis unsur yaitu legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Menurut Hans Kelsen
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Hans Kelsen. Demokrasi ialah pemerintahan yang dilakukan dari rakyat dan untuk rakyat. Wakil rakyat yang terpilih dianggap sebagai pelaksana kekuasaan negara. Namun rakyat yakin bahwa kepentingan dan kehendak mereka akan diperhatikan oleh pelaksana pemerintahan.

Menurut Sidney Hook
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Sidney Hook. Demokrasi ialah sistem pemerintahan yang keputusannya diambil berdasarkan kesepakatan seluruh rakyat yang bebas dan berusia dewasa, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menurut C.F. Strong
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut C.F. Strong. Demokrasi ialah sistem pemerintahan yang didalamnya banyak anggota dewan yang berasal dari masyarakat. Mereka ikut berperan aktif dalam kegiatan politik sehingga pemerintahan dapat bertanggungjawab dan menjamin tindakan yang dilakukan dimasa mendatang.

Menurut Meriam, Webster Dictionary
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Meriam, Webster Dictionary. Demokrasi ialah sistem pemerintahan oleh rakyat yang mengutamakan kedaulatan mayoritas. Kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat melalui perwakilan rakyat. Perwakilan tersebut ditentukan berdasarkan pemilihan umum yang berkala.

Menurut Samuel Hutington
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Samuel Hutington. Demokrasi ialah sistem pemerintahan memiliki keputusan kuat apabila wakil rakyatnya dipilih melalui pemilu yang jujur, adil dan berkala. Para calon pemimpin memiliki hak bersaing yang bebas dalam mendapatkan suara terbanyak. Bahkan negara yang memiliki usia dewasa dapat membeberkan suaranya dalam sistem ini.
Baca juga : Pengertian dan Macam Macam HAM
Menurut International Commission of Journalist
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut International Commission of Journalist. Demokrasi ialah sistem pemerintahan yang warganya mempunyai hak dalam membuat keputusan politik. Keputusan tersebut melalui wakil rakyat yang sebelumnya telah dipilih secara bebas dan bertanggung jawab.

Menurut Yusuf Al Qordhawi
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Yusuf Al Qordhawi. Demokrasi ialah seseorang yang ditunjuk oleh masyarakat untuk mengatur dan mengurus seluruh urusan mereka. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti peraturan yang telah berlaku bukan termasuk peraturan yang dikehendaki, pemimpin bukan seseorang yang dibenci masyarakat, masyarakat memiliki hak menurunkan dan memecat para wakil pemimpin rakyat jika bersalah, masyarakat memiliki hak untuk meminta tanggung jawab kepada mereka, dan masyarakat juga tidak berkewajiban untuk dibawa kedalam pemerintahan yang tidak dikenal maupun tidak disukai, baik dalam bidang sosial, politik, ekonomi dan budaya.

Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Abdul Ghani Ar Rahhal. Pengertian demokrasi tercantum dalam bukunya yang bernama Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyya. Didalamnya terdapat pengertian demokrasi yaitu sistem pemerintahan rakyat dan oleh rakyat. Rakyat berperan sebagai sumber kekuasaan. Menurut pendapat beliau, Plato merupakan orang pertama yang menemukan istilah demokrasi dan didalamnya terdapat sumber kekuasaan berupa keinginan satu dan bukan majemuk. Bahkan pernyataan ini memiliki kesamaan dengan buku Madzahib Fikriyyah Mu’ashirah yang ditulis oleh Muhammad Quthab.

Menurut Affan Gaffar
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Affan Gaffar. Pengertian demokrasi menurut Affan Gaffar memiliki dua makna yaitu:

  1. Demokrasi normatif ialah sistem demokrasi ideal yang ingin diwujudkan oleh sebuah negara.
  2. Demokrasi empirik ialah sistem demokrasi yang diwujudkan dalam bidang politik.
Menurut Amien Rais
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Amien Rais. Demokrasi ialah sistem sebuah negara yang memiliki beberapa kriteria seperti dihadapan hukum memiliki kesamaan, ikut serta dalam membuat keputusan, memiliki kesempatan dan hak yang sama dalam pendidikan, distribusi pendapat yang adil, terbuka dan tersedia dalam bidang informasi, memperhatikan tata krama politik, memiliki hak protes dan dapat bekerja sama. Selain itu adapula kriteria lain yang juga penting yaitu kebebasan dalam beragama, berpendapat, berorganisasi dan persuratkabaran.

Menurut Robert A Dahl
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Robert A Dahl. Demokrasi yang ideal harus mempunyai partisipasi yang efektif, pengontrolan agenda tahap akhir, persamaan hak pilih, pembeberan kebenaran, dan pencakupan.

Menurut Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Yeni R. Lukiswara dan Sumarno AP. Kata demokrasi terdiri dari kata Demos yaitu rakyat dan Cratein atau Kratos yaitu pemerintahan. Dengan kata lain demokrasi ialah pemerintahan oleh rakyat. Pengertian demokrasi dalam Declaration of Independent ialah of the people, for the people, and by the people.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Sistem Politik di Berbagai Negara Dunia
Menurut Joseph A. Schumpeter
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Joseph A. Schumpeter. Demokrasi ialah sistem politik yang dilakukan melalui pemilihan umum untuk memilih pengambil keputusan kolektif yang terkuat. Pemilihan umum tersebut dilakukan secara berkala dan orang dewasa memiliki hak memilih. Dalam demokrasi ini terdapat dua hal penting yaitu partisipasi dan persaingan.

Menurut Ranny
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Ranny. Demokrasi ialah bentuk pemerintahan yang didalamnya terdapat pengorganisasian dan penataannya dilakukan menurut beberapa prinsip. Prinsip tersebut meliputi persamaan politik atau political equality, aturan mayoritas, kedaulatan rakyat atau popular soveragnity, dan konsultasi dengan masyarakat atau political consultation.

Menurut Philippe C. Schmitter
Pengertian demokrasi selanjutnya menurut Philippe C. Schmitter. Demokrasi ialah teori yang menjelaskan bahwa negara diharuskan untuk tanggap tentang kebutuhan dan kepentingan warganya. Warga tersebut juga ikut berpartisipasi dalam mengungkapkan kepentingan dan merumuskan kebutuhan yang bebas dan aktif.

Menurut Sarjen
Pengertian demokrasi yang terakhir menurut Sarjen. Setiap sistem demokrasi berpedoman kepada gagasan bahwa negara harus ikut serta dalam berbagai hal, baik secara langsung maupun melalui dewan perwakilan dalam membuat keputusan politik.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian demokrasi menurut para ahli. Walaupun banyak sekali pendapat mengenai pengertian demokrasi. Namun secara umum demokrasi ialah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "20 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini