Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk

Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk - Apakah anda pernah mendengar istilah piramida penduduk? Sebelum memahaminya anda diharuskan untuk mengetahui tentang komposisi penduduk. Apa komposisi penduduk itu? Komposisi penduduk ialah penduduk yang dikelompokkan berdasarkan tujuan dan dasar kriteria tertentu. Pengelompokkan tersebut dapat berupa jenis kelamin, pekerjaan, umur, maupun tingkat pendidikan. Namun semua hal tadi bersifat terpisah dan tetap memiliki tujuan agar mengetahui komposisi yang baik untuk merencanakan kegiatan di masa mendatang. Setelah memahami komposisi penduduk, anda dapat memahami mengenai pengertian piramida penduduk dan macam macam piramida penduduk.

Piramida penduduk ini berkaitan dengan masalah kependudukan. Hal ini dikarenakan setiap negara pasti memiliki masalah kependudukan yang berbeda. Masalah tersebut dapat berupa angka kematian maupun angka kelahiran. Kedua hal ini sangat erat dengan masalah kependudukan. Apabila angka kelahiran semakin besar maka angka kematian akan semakin kecil. Dengan begitu akan mengakibatkan penduduk semakin membludak dan sebagainya. Kali ini saya akan membahas mengenai pengertian piramida penduduk dan macam macam piramida penduduk. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk

Piramida penduduk memiliki beberapa macam bentuk yaitu piramida penduduk muda atau expansive, piramida penduduk stasioner atau granat, dan piramida penduduk tua atau contructive. Setiap bentuk memiliki penjelasan dan ciri ciri yang berbeda beda. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian piramida penduduk dan macam macam piramida penduduk.
Baca juga : Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia

Pengertian Piramida Penduduk

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian piramida penduduk. Piramida penduduk ialah sebuah grafik yang memaparkan data penduduk menurut jenis kelamin, daerah penduduk dan umur. Piramida ini disajikan dalam bentuk dua diagram batang. Untuk diagram batang yang satu menunjukkan jumlah penduduk laki laki dalam kelompok interval yang berusia lima tahunan. Sedangkan untuk diagram yang satunya lagi menunjukkan jumlah penduduk perempuan dalam kelompok interval yang berusia lima tahunan. Untuk penduduk laki laki digambarkan sebelah kiri dan untuk penduduk perempuan digambarkan sebelah kanan.

Macam Macam Piramida Penduduk

Piramida penduduk setiap wilayah memiliki perbedaan satu sama lain. Tetapi walaupun berbeda tetap berpedoman kepada macam macam piramida penduduk dibawah ini.

Piramida Penduduk Muda atau Expansive
Macam piramida penduduk yang pertama ialah piramida penduduk muda atau expansive. Piramida ini memiliki bentuk seperti limas. Berdasarkan gambar diatas dapat diketahui bahwa angka kelahiran dalam sebuah daerah lebih tinggi dan angka kematian dalam sebuah dareah lebih rendah. Dengan begitu penduduk yang berusia muda akan lebih banyak. Piramida expansive biasanya terdapat di negara negara berkembang seperti India, Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Dibawah ini terdapat beberapa ciri piramida penduduk muda :
  1. Mayoritas penduduknya termasuk ke dalam kelompok muda.
  2. Kelahiran bayi memiliki tingkat yang lebih tinggi.
  3. Pertumbuhan penduduk juga tinggi.

Piramida Penduduk Stasioner atau Granat
Macam piramida penduduk selanjutnya ialah piramida penduduk stasioner atau granat. Piramida ini bersifat merata. Maka dari itu bentuk piramida ini disebut granat. Bentuk piramida penduduk stasioner memiliki jumlah kelahiran dan kematian yang tetap atau seimbang. Pada umumnya piramida granat berada di negara negara maju seperti Jepang dan Singapora. Dibawah ini terdapat beberapa ciri piramida penduduk stasioner :
Baca juga : Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim
  1. Jumlah penduduk setiap kelompoknya sama.
  2. Tingkat kematiannya lebih rendah.
  3. Untuk pertumbuhan penduduknya lambat atau mendekati nilai nol.

Piramida Penduduk Tua atau Constructive
Macam piramida penduduk yang terakhir ialah piramida penduduk tua atau constructive. Dalam bentuk piramida ini lebih banyak kelompok usia tua atau dewasa. Untuk bentuknya menyerupai batu nisan. Dalam piramida ini terdapat jumlah kematian yang tinggi dan jumlah kelahiran yang rendah. Maka dari itu pertumbhan penduduknya lebih rendah. Biasanya piramida ini terdapat di negara Swiss, Belgia dan Jerman. Dibawah ini terdapat beberapa ciri piramida penduduk tua :
  1. Jumlah penduduk yang berusia muda sedikit.
  2. Jumlah kelahirannya lebih rendah daripada kematiannya.

Inilah penjelasan mengenai pengertian piramida penduduk dan macam macam piramida penduduk. Dengan bentuk piramida diatas dapat memudahkan seseorang mengetahui kondisi dari negaranya. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Piramida Penduduk"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini