Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang - Bangun datar Matematika memiliki beragam bentuk, seperti persegi panjang, jajar genjang, persegi dan lain lain. Setiap bentuk memiliki klasifikasi dan rumus yang berbeda beda. Salah satunya ialah bangun datar persegi panjang. Bangun datar ini memiliki rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang yang berbeda dengan bangun datar lainnya. Persegi panjang ialah bangun segi empat yang sisi sisi berhadapannya saling sejajar dan panjangnya sama. Persegi panjang juga memiliki empat sudut yang besarnya siku siku.

Ketika kita di bangku sekolah pastinya sudah diberikan materi mengenai rumus luas persegi panjang maupun rumus keliling persegi panjang. Rumus persegi panjang tersebut mudah untuk dipahami dan dimengerti namun sering kali siswa lupa terhadap rumus tadi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Rumus luas persegi panjang maupun rumus keliling persegi panjang memiliki perbedaan. Ciri utama dalam bangun ini ialah memiliki sisi berhadapan yang saling sejajar dan panjangnya sama. Berbeda dengan persegi yang sisi sisinya sama panjang. Berikut ulasan selengkapnya mengenai persegi panjang.
Baca juga : Sifat Sifat Bangun Datar (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, Lingkaran, Trapesium, Belah Ketupat, Layang Layang dan Jajar Genjang)

Rumus Luas Persegi Panjang

Persegi Panjang
Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh luas persegi panjang. Untuk memperoleh luas persegi panjang kita dapat menghitung semua balok diatas. Bangun persegi panjang mempunyai sisi panjang (balok berwarna kuning) dan sisi lebar (balok berwarna biru). Persegi panjang diatas panjangnya berukuran 12 cm dan lebarnya 8 cm. Jika diibaratkan satu balok memiliki ukuran 1 cm. Maka setelah kita menghitung semua balok dapat kita peroleh luas persegi panjang 96 cm. Tetapi untuk lebih memudahkan anda dapat menggunakan rumus luas persegi panjang. Berikut rumus luas persegi panjang :
Luas = p x l
Keterangan:
p = panjang
l = lebar

Contoh Mencari Luas Persegi Panjang
Sebuah lapangan basket memiliki bentuk persegi panjang. Jika panjang lapangan basket berukuran 50 m dan lebar lapangan basket 25 m. Berapakah luas lapangannya?

Pembahasan
Diketahui : panjang (p) = 50 m; lebar (l) = 25 m
Ditanyakan : Luas = ?
Jawab.
Luas = p x l ___(Perhatikan rumus luas persegi panjang di atas)
         = 50 x 25
         = 1.250 m²
Jadi luas lapangan basket tersebut ialah 1.250 m².
Baca juga : Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Rumus Keliling Persegi Panjang

Untuk rumus keliling persegi panjang berbeda dengan rumus luas persegi panjang. Rumus persegi panjang yang satu ini lebih mudah karena anda cukup menjumlahkan ukuran sisi sisi yang mengelilingi persegi panjang tersebut. Berikut rumus keliling persegi panjang :
Keliling = (2 x p) + (2 x l)
       atau
Keliling = 2 x (p + l)
Contoh Mencari Keliling Persegi Panjang
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar persegi panjang di atas dapat kita peroleh ukuran panjang dan lebar seperti berikut. Hitunglah keliling persegi panjang diatas?

Pembahasan
Diketahui : panjang (p) = 8 cm; lebar (l) = 6 cm
Ditanyakan : Keliling = ?
Jawab.
Keliling = 2 x (p + l) ___(Perhatikan rumus keliling persegi panjang di atas)
              = 2 x (8 + 6)
              = 28 cm
Jadi keliling persegi panjang ialah 28 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas persegi panjang dan rumus keliling persegi panjang. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini