12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya

12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta KetinggiannyaNegara Indonesia populer dengan beberapa gunung tertinggi yang tersebar di setiap pulaunya. Misalnya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, NTT, Sulawesi, NTB, dan Bali. Keadaan geologi negara Indonesia memang tergolong unik karena terdapat deretan gunung yang menjulang tinggi hingga ribuan meter di atas permukaan laut. Bahkan di dunia internasional juga terkenal dengan gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian yang luar biasa. Negara Indonesia merupakan negara pertemuan atara 3 lempeng tektonik paling besar didunia yaitu lempeng Indo Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasific. Ketiga lempeng tersebut saling bertabrakan satu sama lain dan pergerakannya juga aktif. Kejadian tektonik inilah yang kemudian membentuk deretan gunung dengan ketinggian puncaknya.

Pertemuan dari lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia dapat kita ambil contoh gunung gunung yang berada di pulai Nusa Tenggara, Jawa dan Sumatera. Kemudian pertemuan antara lempeng Pasific dengan Indo Australia dapat kita ambil contoh gunung di pulau Maluku dan Papua. Semua gunung yang terdapat di Indonesia adapula yang termasuk kategori gunung berapi, baik yang masih aktif sampai sekarang ataupun sudah mati (tidak aktif). Perlu anda ketahui bahwa Indonesia mempunyai gunung api yang berjumlah 400 gunung dan 130 diantaranya termasuk gunung berapi yang aktif. Kali ini saya akan membagikan beberapa daftar gunung tertinggi di Indonesia beserta ketinggiannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya

Jumlah gunung tinggi yang terdapat di Indonesia memang tergolong banyak. Hal ini dikarenakan negara ini dilewati oleh dua jalur pegunungan paling utama di dunia, yakni sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Akibat inilah timbul beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang mungkin menjadi perhatian dunia. Untuk jalur sirkum Mediterania melalui pulau Sumatera, Nusa Tenggara hingga pulau Jawa. Sedangkan untuk jalur sirkum Pasifik melalui pulau Papua, Maluku, hingga pulau Sulawesi.
Karakteristik gunung gunung tertinggi di Indonesia pada setiap pulau berbeda beda. Hal ini disebabkan gunung masing masing pulau memiliki keunikan tersendiri. Selain itu kondisi geologi dan bentang alam pada setiap pulau juga tidak sama antara satu sama lain. Contohnya, gunung tinggi yang membentang di bagian barat, tengah dan selatan pulau Jawa. Gunung gunung tersebut diselingi oleh lembah dan daratan rendah. Gunung yang terdapat di pulau Jawa termasuk pegunungan jenis kapur. Bahkan pulau Jawa tercatat memiliki paling banyak gunung berapi yaitu 35 gunung yang diperkirakan masih aktif hingga sekarang.

Namun untuk gunung tertinggi di Indonesia yang terdapat di pulau Kalimantan tergolong gunung tua daripada gunung yang berada di pulau Jawa. Untuk pulau Kalimantan tidak memiliki gunung berapi aktif. Selanjutnya terdapat gunung gunung yang membentang hampir di semua semenanjung pulau Sulawesi. Ketinggian gunung di pulai ini hampir semuanya diatas 3000 mdpl. Di pulau Sulawesi juga terdapat gunung api yang aktif sebanyak 18 buah. Di pulau Papua juga terdapat puncak gunung paling tinggi. 

Iklim yang terjadi pada gunung tertinggi di Indonesia khususnya setiap Pulau berbeda beda yaitu tergantung ketinggian gunungnya. Semakin tinggi sebuah gunung maka semakin dingin pula wilayah gunungnya. Iklim sejuk ataupun dingin tersebut diakibatkan oleh pemanasan matahari ke bumi yang umumnya terjadu secara radiasi. Bahkan gunung di Indonesia juga dapat diselimuti salju abadi karena saking dinginnya. Banyaknya gunung tinggi di Indonesia membuat para wisatawan maupun pendaki berdatangan. Ada yang bertujuan untuk menaklukkannya atau hanya sekedar menikmati pemandangan dan hawa sejuk pegunungan. Misalnya saja wisata gunung Bromo yang menawarkan sejumlah keindahan. Walaupun gunung ini dalam status aktif tetapi tidak menyurutkan pendaki untuk datang kesana. 

Dibawah ini terdapat beberapa daftar gunung tertinggi di Indonesia beserta ketinggiannya:

Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid (4.884 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama ialah Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid. Gunung ini termasuk gunung paling tinggi di antara gunung gunung lainnya. Gunung ini terdapat di Pulau jawa dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. Puncak Jaya sangat terkenal di mancanegara karena termasuk salah satu dari Seven Summits atau tujuh puncak dunia. Pada tahun 1936 terdapat pihak Belanda yang berhasil melakukan ekspedisi sampai puncak gunung tersebut. Hal inilah yang mendasari nama Cartenzs. Kemudian gunung tersebut berganti nama menjadi Puncak Soekarno pada tahun 1963. Lalu berganti lagi menjadi Puncak Jaya.

Puncak Mandala (4.760 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah puncak mandala. Gunung ini berasal dari pulau Papua yang mencapai ketinggian 4.760 mdpl. Pulau Papua memang kaya dengan puncak gunung tertingginya. Puncak Mandala merupakan gabungan dari puncak puncak yang terdapat di pegunungan Jayawijaya. Puncak ini selalu diselimuti salju karena suhunya yang cukup rendah. Tetapi perluasan salju pada Puncak Mandala semakin berkurang akibat adanya pemanasan global.
Puncak Trikora atau Ettiakup (4.751 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah puncak trikora. Gunung ini terdapat di Pulau Papua Barat dengan ketinggian sampai 4.751 mdpl. Ketinggian tersebut membuat puncak Trikora menjadi gunung tertinggi ke 3 di Indonesia. Dulunya puncak ini bernama Puncak Wilhelmina yaitu pada jaman pemerintahan Belanda. Para pendakipun bahkan tertantang melalui jalurnya karena cukup keras untuk dilewati. Suhu puncaknya sampai 3 derajat celcius hingga dapat membekukan para pendaki. Puncak Trikora dapat ditaklukan oleh Tim Ekspedisi Sumpah Pemuda Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2016.

Puncak Idenberg atau Ngga Pilimsit atau Merah Putih (4.626 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah puncak Ngga Pilimsit. Puncak ini juga terdapat di Pulau Papua dengan ketinggian 4.626 mdpl. Puncak ini termasuk puncak yang sulit ditaklukan oleh pendaki. Tetapi pernah ada yang menaklukkannya yaitu sekelompok Tim Ekspedisi Pecinta Alam Universitas Katolik Parahyangan pada tahun 2009. Sebagai wujud apresiasi tersebut puncak Ngga Pilimsit berganti nama menjadi Puncak Merah Putih.

Gunung Yamin (4.595 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung Yamin. Gunung Yamin berasal dari Pulau Papua, mulai dari Papua Barat sampai Papua Nugini. Ketinggian dari Gunung Yamin ialah 4.595 meter dari permukaan laut. Gunung Yamin juga termasuk salah satu puncak yang diselimuti salju pada pegunungan Jayawijaya.

Gunung Kerinci (3.805 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung kerinci. Gunung tersebut berada di Provinsi Jambi dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung kerinci terletak di Pulau Sumatera yang luas kawahnya 400 x 120 meter serta airnya yang berwarna hijau. Para pendaki diharuskan menempuh jalur darat, mulai dari Jambi sampai Bangko untuk mencapai puncaknya. Namun anda juga akan disuguhkan dengan keindahan panoramanya dan kekayaan flora fauna yang dimiliki gunung Kerinci. Ketika sampai dipuncak gunung Kerinci, anda akan dapat melihat Samudera Hindia dengan jelas.

Gunung Rinjani (3.276 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung rinjani. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat bersamaan dengan Gunung Sanggar. Gunung ini termasuk gunung yang disukai oleh para pendaki. Gunung rinjani akan memberikan keindahan panorama dan udara sejuk yang terdapat dipegunungannya. Tidak heran jika gunung ini menjadi andalan wisata di Pulau Lombok. Setiap tahun tercatat sekitar 100 ribu orang yang berkunjung di pegunungan ini. Bahkan pemerintah telah menetapkannya sebagai kawasan taman nasional.

Gunung Semeru (3.676 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung semeru. Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur yang mencakup Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Ketinggian dari gunung ini ialah 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung Semeru termasuk jenis gunung berapi aktif yang tipenya Stratovolcano di Pulau Jawa. Pada tahun 2008 merupakan peristiwa meletusnya gunung ini. Para pendaki membutuhkan waktu 4 sampai 5 hari untuk dapat mencapai puncak Mahameru.
Gunung Sanggar (3.492 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung sanggar. Gunung sanggar teretak di Pulau NTB dengan ketinggian 3.492 meter dari permukaan laut. Tetapi gunung ini kalah populer dibandingkan gunung Rinjani, walaupun berada diwilayah yang sama. Padahal gunung Sanggar tidak kalah menyuguhkan petualangan dan pemandangan yang indah bagi pendaki. 

Gunung Latimojong (3.478 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung Latimojong. Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 mdpl. Gunung tersebut membentang dari arah selatan hingga ke utara. Dari arah selatan terdapat Kabupaten Sidrap dan dari arah utara terdapat Kabupaten Tana Toraja. Untuk arah Barat ada kabupaten Enrekang dan dari arah timur terdapat kabupaten Luwu. Puncak paling tinggi pada gunung Latimojong dinamakan Rante Mario. Untuk menempuhnya para pendaki diharuskan untuk berhati hati karena medannya yang sulit dan rawan tersesat.

Gunung Slamet (3.428 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya ialah gunung slamet. Gunung slamet terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter dari permukaan laut. Gunung tersebut termasuk gunung api aktif kategori Stratovolcano. Pada tahun 2014 status gunung ini tergolong waspada. Namun dikaki gunung terdapat wisata Baturraden yang menjadi andalan dan populer di Kabupaten Banyumas.

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)
Gunung tertinggi di Indonesia yang terakhir ialah gunung sumbing. Gunung Sumbing berada di Provinsi Jawa Tengah yang mencakup 3 kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Lereng lereng gunung tersebut banyak digunakan warga sebagai lahan pertanian.

Demikianlah daftar gunung tertinggi di Indonesia yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini