Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.Word 2010

Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.Word 2010 - Dalam kehidupan kita sehari hari selalu berkaitan dengan banyak dokumen yang isinya berbeda beda seperti sertifikat, piagam, undangan dan lain lain. Dokumen tersebut dibuat dengan jumlah yang banyak dan isinya juga sama. Tetapi terdapat sedikit perbedaan didalam dokumen tersebut, contohnya alamat, nama, jabatan dan lain lain. Dengan adanya masalah tersebut kita dapat menyiasati dengan fasilitas Microsoft Word yang bernama Mail Merge. Mail merge ialah fasilitas yang disediakan Microsoft Word sebagai solusi dalam pembuatan dokumen. Lalu bagaimana cara membuat mail merge pada Ms.Word 2010?

Kita dapat membuat dokumen yang berbeda beda (nama, alamat, dll) menggunakan fasilitas Mail Merge. Nah kali ini saya akan membagikan cara membuat mail merge pada Ms.Word 2010. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.Word 2010

Sudah saya jelaskan di atas bahwa Mail Merge ialah fasilitas pada Ms.Word yang berguna untuk membuat dokumen yang isinya sama namun penerimanya berbeda. Misalnya pembuatan undangan ataupun amplop. Untuk surat undangan, isi yang terkandung didalamnya sama namun penerimanya berbeda beda. Nah inilah waktunya untuk menggunakan fasilitas Mail Merge. Untuk peembuatan mail merge ini, saya menggunakan Ms. Word 2010 agar lebih mudah. Berikut cara membuat mail merge pada Ms.Word 2010 : 

Tahap pertama membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 ialah Buka Microsoft Word 2010

Dalam pembuatan Mail Merge pada Ms.Word 2010 saya memberikan contoh surat perjanjian pembayaran seperti di bawah ini.


Langkah selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 yaitu pada Menu Ribbon, Pilih Mailings, kemudian klik Start Mail Merge.

Tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 yaitu Pilih Step by Step Mail Merge Wizard. Sama seperti gambar di bawah ini.

Kemudian tahap pembuatan Mail Merge pada Ms.Word 2010 dilanjutkan dengan memilih Letter, lalu klik Next : Starting Document.

Lanjut ke tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010. Pilih Use the Current Document dan klik Next : Select recepients.

Pembuatan Mail Merge pada Ms.Word 2010 tidak berhenti begitu saja. Lanjut dengan pilih Type a new list dan klik Create. Sama seperti gambar dibawah ini.
Baca juga : 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Dan Ada Acara
Kemudian akan tampil halaman menu seperti di bawah ini. Untuk membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 dengan memilih Customize Columns

Lalu akan muncul halaman seperti berikut : (Tahap selanjutnya dalam pembuatan Mail Merge pada Ms.Word 2010)

Dalam pembuatan Mail Merge pada Ms.Word 2010 kita hanya membutuhkan Nama dan Alamat saja. Maka daftar Field Names yang tidak diperlukan tinggal dihapus. Klik Delete dan Pilih Yes.
Kemudian sisakan Nama dan Alamatnya saja seperti gambar di bawah ini. Anda dapat mengganti nama word phone dan email addres menjadi Nama dan Alamat Mail Merge pada Ms.Word 2010, yaitu dengan cara klik Rename dan ganti namanya sesuai keinginan. Lali Klik Ok. Untuk mengganti namanya, Anda juga dapat memilih Add.


Maka hasilnya akan seperti dibawah ini. Lalu klik OK.

Tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 yaitu ketikan "Nama" dan "Alamat" pada Type a name for your field. Sama seperti gambar di bawah ini. Untuk menambah nama dan alamatnya tinggal klik New Entry. Kemudian jika sudah selesai klik OK.

Simpan hasil Mail Merge pada Ms.Word 2010 tersebut. Namun penyimpanan dokumen dan datanya harus satu folder yang sama.

Apabila hasil Mail Merge pada Ms.Word 2010 telah tersimpan maka akan tampil table seperti dibawah ini. Lalu pilih OK.

Tahap selanjutnya dalam membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 yaitu dengan pilih Mailing di Menu Ribbon. Setelah itu klik Insert Merge Field.

Untuk melihat hasil Mail Merge pada Ms.Word 2010 tadi tinggal klik Preview Result.

Nah hasil akhirnya akan seperti di bawah ini. Lalu jika anda ingin mencetak hasil dokumen Mail Merge pada Ms.Word 2010 tadi, tinggal klik Finish & Merge.

Demikianlah cara membuat Mail Merge pada Ms.Word 2010 yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Cara Membuat Mail Merge Pada Ms.Word 2010"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini