Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat

Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat - Perlu anda ketahui bahwa pokok pikiran selalu ada dalam bacaan apapun. Pokok pikiran tersebut biasanya terdapat di bagian kalimat umum. Kemudian kalimat umum tadi dijelaskan dengan kalimat lain dengan kata kunci yang berulang ulang. Lalu bagaimana cara menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan cepat? Pengertian pikiran pokok ialah sesuatu yang dijelaskan dan diungkap dalam sebuah bacaan. Pokok pikiran teks bacaan tadi kemudiaan digambarkan dalam bentuk frase atau kata kata. Dalam suatu bacaan, letak pokok pikiran dapat berada di akhir paragraf (induktif), di depan dan diakhir paragraf (deduktif-induktif), serta dapat berada di awal paragraf (deduktif).
Untuk jenis paragraf kategori narasi, letak deskripsi utamanya menyebar diseluruh kalimat. Kemudian terdapat istilah mengenai kalimat pokok. Kalimat pokok ialah kalimat utama yang berupa ide maupun gagasan dari sebuah paragraf tersebut, serta didalamnya terdapat pernyataan yang akan dijelaskan oleh kalimat penjelas. Apa itu kalimat penjelas? Kalimat penjelas ialah kalimat yang berisi penjelasan tambahan mengenai kalimat inti dalam paragraf. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan cepat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat

Seperti yang kita ketahui bahwa paragraf yang baik ialah paragraf yang memiliki gagasan dan ide yang menarik dengan serangaian penjabaran yang menyeluruh serta kalimat satu sama lainnya dapat berkaitan dengan sewajarnya. Sebelum menemukan pikiran pokok teks bacaan, terlebih dahulu kita harus membaca kalimat kalimatnya. Membaca merupakan syarat mutlak agar kita memahami isi bacaan tanpa harus membuang buang waktu. Tujuan dari membaca tersebut ialah menyaring informasi sesuai dengan kebutuhan kita. Lalu melalui informasi utama inilah kita dapat menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan cepat. Berdasarkan pendapat Anderson, ada beberapa tujuan lain dari membaca yaitu :

  • Membaca bertujuan untuk memperoleh ide utama
  • Membaca bertujuan untuk memperoleh informasi secara detail dan faktual.
  • Membaca bertujuan untuk memperoleh kesimpulan.
  • Membaca bertujuan untuk melakukan evaluasi atau penilaian.
Baca juga : Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya
  • Membaca bertujuan untuk melakukan pengelompokan.
  • Membaca bertujuan untuk melakukan perbandingan.
  • Membaca bertujuan untuk memperoleh struktur atau susunan tulisan.
Setelah memahami tentang tujuan membaca, tiba saatnya untuk mengetahui cara menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan cepat. Berikut beberapa caranya :
  1. Membaca seluruh kalimat yang terdapat di dalam teks bacaan.
  2. Memahami isi dari teks bacaan tadi.
  3. Menemukan isi dari pokok bacaannya.
Pokok pikiran dalam sebuah teks bacaan memiliki istilah istilah lain yang sering digunakan. Istilah pikiran pokok tersebut meliputi ide pokok, gagasan pokok, pokok masalah, pikiran pokok, inti paragraf, gagasan utama, inti masalah, masalah utama dan pikiran utama. Semua istilah tersebut memiliki makna yang sama. Maka jangan heran apabila dalam pertanyaan disebutkan salah satu istilah tadi. Istilah istilah tadi memiliki arti yang sama yaitu inti dari suatu bacaan. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahami cara menemukan pikiran pokok teks bacaan. Saya telah sajikan beberapa contoh untuk anda.

Contoh Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan #1
Melinda ialah anak yang rajin dan tekun. Ia tidak pernah absen dalam datang kesekolah, bahkan PR yang diberikan oleh Guru selalu dikerjakannya. Dia termasuk anak yang tidak suka menunda pekerjaan, baik tugas tugas dari sekolah maupun pekerjaan rumah. Melinda juga membantu pekerjaan orangtuanya sepulang sekolah. Misalnya membersihkan ruang tamu, memberi makan ayam, dan lain lain. Semua itu dilakukan dengan baik dan rajin.

Pokok pikiran bacaan diatas ialah:
Melinda ialah anak yang rajin dan tekun.

Contoh Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan #2
"Pergi Ke Pasar"

Di suatu minggu pagi yang cerah Lusi menyelesaikan pekerjaan rumahnya, mulai dari menyapu halaman sampai mencuci pakaian. Setelah selesai, ia kemudian beristirahat sembari sarapan pagi. Tetapi Lusi teringat bahwa ia harus kepasar untuk membeli bahan makanan. Dikarenakan ibunya sedang pergi keluar kota, maka Lusilah yang diberikan tanggung jawab rumah. Lusi tinggal di kota Semarang. Jarak rumah dengan pasarnya pun cukup dekat. 
Baca juga : 8 Contoh Percakapan 2 Orang di Telepon Dengan Teman Formal dan Informal
Lusi hanya perlu naik ojek untuk sampai kepasar. Hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai disana. Untuk sampai kepasar tradisional, ia hanya harus melewati beberapa gang dan perempatan jalan saja. Sesampainya disana Lusi langsung berbelanja kebutuhan rumah, mulai dari sayur sayuran, bumbu dapur dan lain lain. Setelah selesai membeli kebutuhannya, Lusi langsung pulang kembali kerumah.

Pokok pikiran bacaan diatas ialah:
Pergi ke pasar

Contoh Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan #3
Sesama manusia kita memang berkewajiban untuk saling membantu dan menolong satu sama lain. Seperti halnya Jean Henry Dunant yang menjadi pelopor berdirinya Palang Merah Internasional tahun 1963. Pada saat itu ia rela membantu korban korban dalam perang. Dinegara Indonesia juga terdapat istilah Palang Merah Indonesia atau PMI. Pada tanggal 17 September 1945 telah didirikan Palang Merah Indonesia atau PMI yang diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta serta dibantu oleh Dr. Buntaran Martoatmojo selaku ketua pengurus harian.

Tujuan dari Palang Merah Internasional jaman dahulu dengan tujuan Palang Merah Indonesia sekarang ialah sama yaitu membantu para korban korban dari peperangan tanpa perbedaan suku, agama, bangsa dan negara. Tujuan PMI inilah senantiasa berkembang luas disetiap waktu. Selain itu PMI juga membantu meringankan beban penderita seperti korban banjir, korban letusan gunung berapi, lalu lintas, korban kebakaran, korban wabah penyakit dan korban kecelakaan. 

Tujuan mulia ini juga melibatkan pelajar sekolah. Tugas dari peajar tersebut ialah mengedarkan kupon PMI bahkan mengumpulkan pakaian dan makanan. Disekolah sekolah juga telah dibentuk organisasi bernama Palang Merah Remaja atau PMR. Tugas dari anggota PMR ialah menjaga kesehatan teman teman sekolah. Selain itu bagi pelajar yang berusia 17 tahun keatas dapat melakukan donor darah dengan tujuan menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama.

Pokok pikiran bacaan diatas ialah:
Tujuan Palang Merah Indonesia

Demikianlah penjelasan mengenai cara menemukan pikiran pokok teks bacaan dengan cepat. Kunci utama dalam menemukan pikiran pokok teks bacaan ialah dengan membacanya secara menyeluruh. Kemudian barulah menemukan ide gagasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini