Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya

Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai menyusun paragraf berdasarkan gambar. Sebenarnya penyusunan paragraf tidak hanya berdasarkan kata saja, melainkan dapat berdasarkan gambar juga. Dalam hal ini biasanya menggunakan beberapa gambar seri yang dirangkai menjadi sebuah paragraf. Gambar inilah yang nantinya akan disusun secara urut hingga menjadi sebuah rangkaian kalimat yang membentuk paragraf. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan langkah langkah menyusun paragraf berdasarkan gambarnya. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya

Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing. Kemudian gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis. 
Baca juga : 8 Contoh Percakapan 2 Orang di Telepon Dengan Teman Formal dan Informal
Di bawah ini terdapat langkah langkah menyusun paragraf berdasarkan gambar hingga membentuk karangan yang runtut :
  1. Pemberian judul.
  2. Urutkan gambarnya secara logis (jika belum urut).
  3. Buat kalimat yang menjelaskan gambar tadi.
  4. Setelah itu susun kalimat hingga membentuk cerita yang urut dan baik.
Untuk lebih memahami mengenai materi ini, saya juga menyajikan beberapa contoh soal menyusun paragraf berdasarkan gambar berikut:

1. Perhatikan contoh gambar seri di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas dapat kita ketahui bahwa gambarnya belum urut. Sebelum menyusun paragraf berdasarkan gambar berikut, terlebih dahulu menentukan judul ceritanya. Judul cerita dari gambar di atas ialah "Kecelakaan Mobil". Urutan cerita logisnya diawali dengan gambar no 1, 3, 2, kemudian gambar no. 4.
Catatan : Dasar utama menyusun paragraf berdasarkan gambar ialah ketelitian dalam memperhatikan gambar ceritanya.

2.
Berdasarkan gambar diatas dapat kita susun menjadi sebuah paragraf yaitu :
Baca juga : 12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya
Pak guru memperhatikan murid muridnya yang sedang belajar menggambar. Pelajaran menggambar tersebut dilakukan dengan tenang dan hitmat. Bahkan tidak ada satu siswapun yang gaduh saat pelajaran tersebut.

3. Perhatikan contoh gambar seri di bawah ini!
Berdasarkan gambar diatas, kita dapat menyusun paragraf berdasarkan gambar berikut.

Kendaraan diatas bernama sepeda. Orang jawa bilang namanya sepeda ontel. Sampai saat ini masih ada beberapa orang yang menggunakan kendaraan tersebut. Rodanya ada dua buah kemudian terdapat beberapa yang dilengkapi dengan lonceng maupun keranjang kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan perbekalan. Kendaraan tersebut tidak menggunakan bahan bakar tipe apapun sehingga ramah lingkungan. Cara mengendarainya mudah yaitu dengan cara dikayuh.

4.
Kita dapat menyusun paragraf berdasarkan gambar diatas. Berikut karangan ceritanya:

Rina berkesempatan untuk membawakan sebuah lagu dalam acara perpisahakan kelas 6 di sekolahnya. Penampilan dari Rina tersebut banyak disaksikan oleh siswa siswa lainnya. Bahkan mereka juga kagum dengan nyanyian Rina yang sangat merdu itu. Tidak heran apabila teman temannya memuji suara merdunya.

Inilah beberapa langkah dalam menyusun paragraf berdasarkan gambar yang dapat saya jelaskan. Saya juga telah menyertakan beberapa contoh soalnya agar memudahkan anda dalam memahaminya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini