Pameran Karya Seni Rupa (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya)

Pameran Karya Seni Rupa (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya) - Pameran ialah salah satu kegiatan untuk memaparkan hasil gagasan dan ide karya seni rupa agar dapat diapresiasi oleh banyak orang. Pameran karya seni rupa tersebut tidak hanya dilakukan oleh seniman besar saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekolah. Selain itu penyelenggaraannya dapat dilakukan diluar sekolah maupun didalam sekolah. Pameran ini mencakup beberapa hal penting seperti pengertian pameran karya seni rupa, fungsi pameran karya seni rupa, tujuan pameran karya seni rupa, jenis jenis pameran karya seni rupa dan unsur pameran karya seni rupa.
Mungkin anda sering mendengar pameran seni rupa yang dilakukan oleh seniman besar, atau bahkan anda pernah melakukan pameran tersebut. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian pameran karya seni rupa, fungsi pameran karya seni rupa, tujuan pameran karya seni rupa, jenis jenis pameran karya seni rupa dan unsur pameran karya seni rupa lengkap. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Pameran Karya Seni Rupa (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya)

Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang pengertian pameran karya seni rupa. Kemudian akan dilanjutkan dengan fungsi pameran karya seni rupa, tujuan pameran karya seni rupa, jenis jenis pameran karya seni rupa dan di akhiri dengan unsur pameran karya seni rupa. Berikut ulasan selengkapnya.
Baca juga : Seni Kriya (Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis dan Contoh)

Pengertian Pameran Karya Seni Rupa

Pengertian pameran karya seni rupa ialah kegiatan yang dilakukan oleh seniman untuk memaparkan gagasan dan ide kepada masyarakat dalam bentuk seni rupa. Pameran ini dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok. Pameran karya seni rupa juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antara para seniman dengan apresiator.

Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

Selanjutnya terdapat fungsi pameran karya seni rupa. Pada dasarnya pameran karya seni rupa mempunyai fungsi sosial bagi masyarakat yang meliputi :

  1. Sebagai media pembelajaran (edukasi). Pameran karya seni rupa memiliki fungsi untuk mendidik siswa agar dapat menyeimbangkan antara akal dan pikiran sehingga mengetahui pentingnya pengalaman batin dalam diri sendiri.
  2. Sebagai media apresiasi. Pameran karya seni rupa memiliki fungsi untuk memberikan penilaian atau apresiasi karya seni yang diciptakan oleh seniman. Apresisasi tersebut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu apresiasi pasif dan apresiasi aktif.
  3. Sebagai media prestasi. Pameran karya seni rupa memiliki fungsi sebagai media kompetisi untuk para pencipta seni. Pameran ini juga dapat digunakan sebagai ajang penilaian kreativitas dan keaktifan seniman dalam menciptakan karya seni.
  4. Sebagai media rekreasi. Pameran karya seni rupa memiliki fungsi untuk menghilangkan dan merilekskan pikiran dari kejenuhan dalam melakukan rutinitas sehari hari seperti bekerja, sekolah maupun berbagai hal yang dapat menguras pikiran maupun energi.


Tujuan Pameran Karya Seni Rupa

Kemudian terdapat tujuan pameran karya seni rupa yang tidak kalah penting. Biasanya penyelenggaraan pameran memiliki tujuan tertentu, seperti halnya pameran yang diadakan di sekolah yang memiliki tujuan sebagai berikut :
  • Memiliki tujuan sosial. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk kepentingan sosial.
  • Memiliki tujuan kemanusiaan. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk mengembangkan hasil karya seni budaya, melestarikan dan membina nilai nilai dalam masyarakat. Kemudian hasil dari pameran tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat kurang mampu, korban bencana dan lain lain.
  • Memiliki tujuan komersial. Pameran karya seni rupa ini diadakan untuk mendatangkan keuntungan bagi penyelenggara pameran beserta senimannya. Pameran tersebut diharapkan dapat menjual hasil karya yang diciptakan tadi.
Baca juga : Jenis dan Sifat Sifat Bahan Berserta Kegunaannya Lengkap

Jenis Jenis Pameran Karya Seni Rupa

Pameran karya seni rupa dapat dibedakan menurut waktu penyelenggaraannya yang meliputi pameran periodik, pameran insidental, dan pameran permanen. Berikut penjelasan masing masing jenis pameran karya seni rupa :

Pameran Periodik
Jenis pameran karya seni rupa yang pertama ialah pameran periodik. Pameran periodik ialah pameran yang waktu penyelenggaraannya dalam waktu tertentu namun rutin. Contohnya satu tahun sekali ataupun satu bulan sekali.

Pameran Insidental
Jenis pameran karya seni rupa selanjutnya ialah pameran insidental. Pameran Indsidental ialah pameran yang waktu penyelenggaraannya tidak dapat ditentukan. Jenis pameran ini diselenggarakan apabila diperlukan saja.

Pameran Permanen
Jenis pameran karya seni rupa yang terakhir ialah pameran permanen. Pameran permanen ialah jenis pameran yang waktu penyelenggaraannya telah ditentukan dan tempatnya juga tetap. Misalnya pameran dimuseum.

Unsur Pameran Karya Seni Rupa

Pameran karya seni rupa juga memiliki unsur unsur yang menjadi pelengkapnya. Dibawah ini terdapat unsur unsur pameran karya seni rupa yaitu :
  • Karya seni rupa yang nantinya akan dipamerkan.
  • Panel (sketsel) dan box (standart display) yang digunakan untuk memajang karya seni rupa.
  • Dekorasi yang dapat melengkapi pameran agar karya seni dapat tampil dengan indah.
  • Sound system yang digunakan untuk membuat suasana nyaman bagi para apresiator atau pengunjung pameran.
  • Label karya yang berguna sebagai identitas karya seni (baik pencipta, judul, tahun diciptakan, maupun teknik) dan biasanya ditempel dekat dengan karya seninya.
  • Katalog yang berguna untuk petunjuk penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu yang berisi daftar nama pengunjung pameran.
  • Buku kesan dan pesan yang berguna untuk mengetahui tanggapan dari pengunjung mengenai hasil karya yang dipamerkan. Buku ini juga sebagai media komunikasi antara apresiator dengan seniman karya seni.
Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Selain unsur karya seni rupa diatas, adapula manfaat yang diperoleh dalam penyelenggaraan pameran ini. Berikut manfaat pameran karya seni rupa yaitu :
  • Dapat menambah dan menumbuhkan rasa apresiasi kita terhadap seni rupa.
  • Sebagai media latihan agar kita dapat bekerja sama dengan orang lain.
  • Sebagai media latihan mandiri dan bertanggung jawab.
  • Dapat membangkitkan motivasi.
  • Menghilangkan kejenuhan dan rasa stress dalam diri kita.
  • Sebagai media promosi.
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian pameran karya seni rupa, fungsi pameran karya seni rupa, tujuan pameran karya seni rupa, jenis jenis pameran karya seni rupa dan unsur pameran karya seni rupa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Pameran Karya Seni Rupa (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Unsurnya)"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini