Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik - Ideologi dan politik tidak dapat dipisahkan dari unsur pembentukan suatu negara. Negara yang memiliki ideologi yang kuat tentunya akan memiliki ketahanan terhadap ancaman yang datang baik dari dalam maupun luar negeri. Indonesia sendiri merupakan negara yang menganut asas demokrasi dengan ideologi pancasila yang bersifat terbuka. Karena keterbukaannya akhirnya munculah berbagai ancaman di bidang ideologi dan politik yang datang dari dalam dan luar negeri yang memicu perbedaan pandangan dan berpotensi menyebabkan perpecahan bangsa. Hal ini mengacu pada asas demokrasi yang diterapkan di Indonesia, segala bentuk peristiwa seperti pemilihan umum, musyawarah dan sebagainya akan dikaitkan dengan demokrasi. Namun faktanya demokrasi sering dijadikan kedok untuk memenuhi kepentingan pribadi suatu negara yang dapat menjadi ancaman di bidang ideologi ideologi dan politik.
Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik
Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman Ideologi dan Politik
Sebagai negara berkembang, indonesia juga memiliki strategi menghadapi ancaman di bidang ideologi dan di bidang politik untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan demokrasi. Salah satu strategi indonesia dalam menghadapi ancaman tersebut adalah dengan membangun struktur pemerintahan yang solid dan kuat yang kemudian mampu mengelola berbagai konflik kepentingan yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa Indonesia.
Baca juga: Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang (Militer, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya)
Tindakan untuk menghadapi ancaman ini pada dasarnya termasuk kedalam bela negara yang wajib dipelajari dan diterapkan oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini juga tidak boleh dianggap remeh karena ancaman di bidang ideologi sangatlah rawan bahkan lebih rawan dibandingkan ancaman di bidang militer.

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik

Sebagai negara pluralisme yang terdiri dari berbagai suku, ras dan agama, Indonesia harus mampu menunjukkan eksistensi sebagai negara yang mapan, kuat, mandiri dan tahan akan ancaman termasuk ancaman politik dan ideologi tanpa harus mengabaikan hubungan dengan negara lain. Strategi indonesia untuk menghadapi ancaman di bidang ideologi dan politik agar tidak memecah belah persatuan bangsa dapat dilakukan dengan cara:
  1. Mendukung pengembangan politik yang demokratis.
  2. Memberikan pengetahuan politik terhadap masyarakat sipil.
  3. Memerintahkan segenap lembaga politik dalam negeri untuk menjalankan fungsi serta perannya secara benar.
  4. Menjalankan pemerintahan yang bersih, adil, dan berwibawa untuk memperkuat kepercayaan rakyat dan memperkuat persatuan bangsa.
  5. Memperkuat kedudukan indonesia di mata hukum dan politik Internasional
  6. Menegakkan supremasi hukum.

Strategi Indonesia menghadapi ancaman di bidang ideologi

Untuk mencapai ketahanan di bidang ideologi, masyarakat harus ikut serta dan andil dengan cara menjadikan pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara, serta pengamalan pancasila secara subjektif dan objektif. Pada dasarnya semakin tinggi kesadaran bangsa untuk menjaga ideologi mereka, maka akan semakin tinggi pula ketahanan di bidang ideologi dan secara tidak langsung hal tersebut sudah menjadi strategi indonesia menghadapi ancaman ideologi. Strategi membina dan menanamkan pentingnya ideologi untuk mencegah ancaman yang datang dapat dilakukan denan cara:

  1. Ideologi sebagai pemersatu sekaligus perekat bangsa harus ditanamkan dalam pendidikan seluruh warga negara indonesia.
  2. Ideologi harus dijadikan tombak bangsa dalam menghadapi unsur yang masuk dari luar.
  3. Ideologi harus diaktualisasikan kepada seluruh bidang kenegaraan.
  4. Ideologi Indonesia haruslah mengarah pada arah yang dinamis dan aktual.
  5. Dengan menerapkan ideologi, maka rakyat percaya akan keanegaraman dalam menjalankan hidup berbagnsa dan bernegara.
  6. Pemerintah harus mengedepankan kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia diatas kepentingan sendiri.
  7. Pentingnya ideologi pancasila disosialisasikan kepada masyarakat sebagai bentuk menghadapi ancaman di bidang ideologi dan politik.
  8. Menumbukan pemikiran serta sikap positif sebagai warga negara, hal ini dapat meningkatkan motivasi untuk mewujudkan segenap cita cita bangsa Indonesia.

Strategi indonesia menghadapi ancaman di bidang politik

Ancaman politik memang tidak dapat dipisahkan dengan ideologi karena keduanya saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Untuk menghadapi ancaman politik, indonesia menerapkan strategi yang berebeda berdasarkan dari mana asal ancaman tersebut. Ancaman politik di Indonesia datang dari dalam dan luar negeri.

Ketahanan politik dalam negeri
Sebagai bentuk strategi indonesia menghadapi ancaman politik dalam negeri diperlukan adanya ketahanan politik yang dapat mewujudkan politik sehat dan dinamis berlandaskan ideologi pancasila dan undang undang dasar 1945 yang terdiri dari:
  1. Sistem pemerintahan tidak boleh bersifat absolut melainkan harus berpegang teguh pada kedaulatan rakyat yang berdasarkan hukum.
  2. Dalam berpolitik tentunya akan terjadi silang pendapat, untuk menyikapi perbedaan pendapat tidak boleh menjurus ke arah konflik.
  3. Pemerintah dan pemimpin harus mampu mengakomodasi aspirasi hidup yang muncul dari masyarakat.
  4. Terjalinnya komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah, antara golongan dengan kelompok kepentingan yang disertai dengan timbal balik positif untuk mewujudkan tujuan bangsa.
Ketahanan politik luar negeri
Strategi Indonesia menghadapi ancaman ideologi dan politik luar negeri dapat dilakukan dengan beberapa cara tanpa harus meninggalkan hubungan antaranegara yanga bersifat internasional agar tercipta suasana dinamis dan saling menguntungkan. Adapun beberapa strategi indonesia menghadapi ancaman politik luar negeri adalah:
  1. Politik luar negeri berkembang hanya berdasarkan skala prioritas dalam rangka memperkuat hubungan internasional dan persahabatan antar negara agar terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.
  2. Menjaga perdamaian dunia dengan cara mengikuti gerakan non blok.
  3. Meningkatkan citra positif Negara Indonesia di mata internasional melalui serangkaian acara, event, dan pertemuan internasional.
Itulah berbagai strategi indonesia menghadapi ancaman di bidang ideologi dan politik baik dalam dan luar negeri. Pada dasarnya sebagai warga negara kita diharuskan untuk ikut serta dalam menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia dengan cara turut serta menghadapi segala ancaman yang ada termasuk ancaman ideologi dan politik.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini