Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi - Kalimat Persuasif ialah jenis kalimat yang isinya mengajak orang lain untuk melaksanakan sesuatu hal yang kita inginkan. Maka dari itu, kalimat persuasif banyak digunakan dalam bahasa brosur, promosi, slogan dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat menjumpai contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi. Ada yang menyebut bahwa kalimat persuasif memiliki kesamaan dengan kalimat perintah. Namun sebenarnya kedua jenis kalimat ini sangatlah berbeda.
Perbedaan antara kalimat persuasif dan kalimat perintah terletak pada penyampaiannya. Untuk kalimat persuasif disampaikan dengan cara tidak langsung dan bersifat mengajak. Sedangkan untuk kalimat perintah disampaikan dengan cara langsung. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Kalimat persuasif bertujuan untuk meminta, mengajak dan menghimbau seseorang agar melakukan keinginan sang penulis. Tidak heran jika kita sering menjumpai contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi, slogan, brosur, promosi dan sebagainya. Kalimat persuasif memiliki ciri ciri yang harus dipahami sebelum membuat contohnya. Berikut ciri ciri kalimat persuasif:
  1. Sifatnya mempengaruhi dan mengajak pendengar ataupun pembaca agar melakukan dan percaya terhadap sesuatu.
  2. Didalam kalimatnya terdapat kata kata ajakan seperti "mari", imbuhan "-lah", dan "ayo".
  3. Terkadang diikuti dengan kalimat alasan untuk meyakinkan pendengar atau pembaca.
  4. Kalimatnya diakhiri dengan tanda seru (!).
Baca juga : Pengertian Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Contoh
Dalam pembuatan contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur teksnya. Di bawah ini terdapat struktur teks negosiasi beserta penjelasannya.

Orientasi
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi harus memperhatikan struktur orientasinya. Orientasi ialah struktur yang letaknya diawal kalimat sebagai pembuka percakapan negosiasi. Kata kata yang digunakan dalam struktur ini bersifat basa basi, misalnya salam, sapaan, dan lain lain.

Permintaan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur permintaan. Permintaan ialah struktur teks negosiasi yang isinya pertanyaan tentang masalah atau barang yang ingin di musyawarahkan.

Pemenuhan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur pemenuhan. Pemenuhan ialah pihak yang bersangkutan akan memberitahukan permasalahan atau barang dengan lawan agar memperoleh interaksi yang paham. Struktur ini juga berisi jawaban permintaan dan pertanyaan yang sebelumnya telah diajukan.

Penawaran
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur penawaran. Panawaran ialah sruktur teks negosiasi yang didalamnya terdapat proses tawar menawar antara kedua pihak agara memperoleh usulan yang menguntungkan. Struktur ini merupakan asal mula terjadinya kesepakatan. 

Persetujuan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur persetujuan. Persetujuan ialah hasil dari penawaran karena proses tawar menawar telah dikatakan berhasil. Pada tahap ini, kedua pihak mempunyai kesepakatan (jalan tengah) yang saling menguntungkan satu sama lain.
Pembelian
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur pembelian. Pembelian ialah wujud transaksi dari kesepatan yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya transaksi jual beli yakni penjual memberikan barang dagangannya dan pembeli membayarnya dengan uang.

Penutup
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur penutup. Penutup merupakan struktur terakhir dalam teks negosiasi yang ditandai dengan selesainya perundingan atau percakapan dua pihak. Struktur ini berisi percakapan basa basi tetapi mempunyai maksud. Misalnya "Terimakasih telah bekerja sama dengan kami", "Senang bekerja sama dengan Anda", dan lain lain.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi
Setelah memahami ciri ciri kalimat persuasif dan struktur teks negosiasi diatas. Tiba saatnya untuk membuat contoh kalimatnya. Di bawah ini terdapat beberapa contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi:
  1. Dengan produk elektronik (setrika) kami, anda akan memperoleh keuntungan banyak. Jadi, anda dapat menyetrika pakaian apapun dengan setrika ini. Mulai dari jaket, jas, hingga kaos sekalipun. Marilah jangan ragu lagi untuk membeli alat ini karena hasilnya akan lebih maksimal.
  2. Mohon ibu pertimbangkan lagi lokasi rumah ini cukup strategis untuk hunian bersama keluarga. Anda hanya cukup membayarnya 2 juta per bulan. Rumah ini juga dapat dicicil dan jangan ragu untuk hasil yang akan anda peroleh.
  3. Bisa turun harga tetapi sedikit. Saya akan memberikan harga 400 ribu, itu sudah terbilang murah lho!
  4. Marilah kita tingkatkan produksi pemerahan susu sapi anda dengan cara memberikan sapi makanan yang bergizi baik.
  5. Ayo tunggu apalagi, segera beli tiket diTiketpedia kami. Berangkat cepat dan tidak ketinggalan.
  6. Tunggu apalagi, segera dapatkan original sountrack Dilan 1990.
Demikianlah contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini