Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya - Gelombang merupakan getaran yang dapat merambat. Gelombang tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Salah satu gelombang yang sering kita jumpai ialah gelombang transversal. Gelombang transversal ialah jenis gelombang yang memiliki arah getaran dan arah rambatnya saling tegak lurus. Jenis gelombang ini termasuk kedalam jenis gelombang mekanik karena perambatannya memerlukan medium. Selain itu adapula rumus gelombang transversal yang disertai dengan contoh soal gelombang transversal.
Gelombang transversal dapat disebut sebagai Puncak Gelombang (titik paling tinggi yang terdapat dalam gelombang), Simpangan (jarak antara titik gelombang yang posisinya setimbang), Bukit Gelombang (lengkungan yang letaknya diatas dengan posisi setimbang), Amplitudo (jarak antara pucak dengan dasar gelombang yang memiliki posisi setimbang), Lembah Gelombang (lengkungan yang letaknya dibawah dengan posisi setimbang), dan Dasar Gelombang (titik paling rendah yang terdapat di gelombang). Kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus gelombang transversal lengkap dengan contoh soal gelombang transversal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Sebelum membahas rumus gelombang transversal dan contoh soal gelombang transversal, saya akan menjelaskan sedikit tentang contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari hari. Contoh gelombang transversal dapat kita jumpai pada air yang mendapatkan gangguan maka akan mengakibatkan sebuah gelombang. Selain itu, gelombang transversal juga terdapat pada gelombang tali, gelombang yang terdapat di dalam danau, dan gelombang pada ombak laut.
Baca juga : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Rumus Gelombang Transversal

Untuk menghitung besarnya gelombang transversal dapat menggunakan rumus gelombangnya. Di bawah ini terdapat rumus gelombang transversal sebagai berikut:
Keterangan rumus gelombang transversal di atas:
λ (Lamda) = panjang gelombang (m)
V = cepat rambat gelombang (m/s)
f = frekuensi gelombang (sekon atau detik)
n = jumlah gelombang
t = waktu (sekon atau detik)
Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Archimedes

Contoh Soal Gelombang Transversal

Untuk lebih memahami mengenai gelombang transversal, saya juga akan membagikan beberapa contoh soalnya. Berikut beberapa contoh soal gelombang transversal:

1. Sebuah tali digetarkan hingga membentuk gelombang yang panjangnya 50 cm. Apabila periode gelombangnya memiliki besar 3 sekon, maka berapakah cepar rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : λ = 50 cm = 0.5 m; t = 3 sekon
Ditanya : V = ?
Jawab :
V = λ / t
   = 0,5/3
   = 0,167 m/s

2. Sebuah gelombang melakukan 240 kali getaran dengan waktu 2 menit. Apabila panjang gelombangnya 3 meter. Berapakah besar cepat rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : n = 240 kali; t = 2 menit = 120 sekon; λ = 3 m
Ditanya : V = ?
Jawab :
Sebelumnya kita cari nilai frekuensi gelombangnya terlebih dahulu
f = n/t
  = 240/120 = 2 Hz
Lalu masukan kedalam rumus gelombang transversal
V = λ x f
    = 3 x 2
    = 6 m/s

Demikianlah penjelasan mengenai rumus gelombang transversal beserta contoh soal gelombang transversal. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini