Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap - Berdasarkan bahasa latin kata kedaulatan berarti "supermus" yang artnya "Tertinggi". Sedangkan menurut bahasa Inggris berarti "sovereignly" yang artinya juga "Tertinggi". Kedua bahasa tersebut memiliki satu pengertian kedaulatan yakni suatu wewenang yang bekerja dalam satu kesatuan politik. Kedaulatan disebut juga sebagai kekuasaan paling tinggi dalam sebuah negara serta kekuasaan yang letaknya tidak dibawah kekuasaan lainnya. Kekuasaan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam teori kedaulatan menurut pendapat para ahli.
Lalu apa pengertian kedaulatan secara umum? Apa saja macam teori kedaulatan menurut para ahli? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian kedaulatan dan macam macam teori kedaulatan menurut para ahli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Sebelum membahas tentang pengertian kedaulatan dan macam macam kedaulatan menurut para ahli, saya akan menjelaskan tentang sifat sifat kedualatan terlebih dahulu. Berikut sifat sifat kedaulatan beserta penjelasan:
  1. Tidak terbatas artinya sebuah kedaulatan tidak akan pernah dibatasi oleh kedaulatan lain. Namun apabila terdapat kedaulatan yang membatasinya maka kedaulatan tertinggi yang diperoleh akan hilang.
  2. Permanen artinya kedaulatan ini dapat berdiri sendiri meskipun pemerintahan kedaulatan sudah mengalami beberapa pergantian.
  3. Tunggal artinya dalam sebuah negara, kedaulatan tersebut memiliki tingkatan tertinggi dan termasuk satu satunya. Bahkan tidak dapat dibagikan atau diserahkan kepada lembaga atau badan tertentu.
  4. Asli artinya kedaulatan tersebut tidak berasal dari kedaulatan pihak tertentu yang memiliki tingkatan tertinggi.
Baca juga : Ancaman Non Militer Terhadap Integrasi Nasional Lengkap

Pengertian Kedaulatan

Selanjutnya terdapat beberapa pengertian kedaulatan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedaulatan adalah rakyat yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara. Dengan kata lain rakyatlah yang memegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara, Teori tersebut berasal dari akibat adanya sebuah raja yang berkuasa dengan menekan dan mutlak.

Selain itu adapula pengertian kedaulatan lain yaitu kekuasaan tertinggi suatu negara yang berada ditangan rakyat. Dalam sebuah negara terdapat tiga lembaga khusus yang memiliki tugas mengatur seluruh kegiatan pemerintahan. Lembaga tersebut meliputi:
  1. Lembaga Legislatif yakni sebuah lembaga yang bertugas dalam membuat Undang Undang. Misalnya MPR, DPD, maupun DPR.
  2. Lembaga Eksekutif yakni lembaga yang bertugas dalam melaksanakan Undang Undang. Misalnya Presiden beserta Wakil Presiden.
  3. Lembaga Yudikatif yakni lembaga yang bertugas mengawasi pelaksanaan Undang Undang yang dilakukan oleh lembaga eksekutif. Misalnya Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Macam Macam Teori Kedaulatan

Setiap negara memiliki teori kedaulatan yang berbeda beda. Namun untuk negara Indonesia memiliki teori kedaulatan hukum dan kedaulatan rakyat. Berikut macam macam teori kedaulatan menurut para ahli:

Kedaulatan Tuhan
Macam teori kedaulatan menurut para ahli yang pertama ialah kedaulatan Tuhan. Teori ini berasal dari Tuhan YME. Dalam teori kedaulatan tersebut memberikan pelajaran bahwa pemerintahan dan negara ini memperoleh kekuasaan paling tinggi dari Tuhan. Dengan kata lain, segala hal yang terdapat didalam semesta ini merupakan ciptaan dan karunia dari Tuhan. Teori kedaulatan Tuhan biasanya dianut oleh raja yang mengaku keturunan dewa. Misalnya kaisar Cina, kaisar Jepang, Raja Jawa (Zaman Hindu) dan Raja yang berasal dari Mesir Kuno.
Baca juga : Makna dan Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Kedaulatan Raja
Macam teori kedaulatan menurut para ahli selanjutnya ialah kedaulatan raja. Kedaulatan raja ialah kedaulatan yang dipegang oleh raja beserta keturunannya. Kekuasaan tertinggi tersebut bersifat mutlak dan turun temurun.

Kedaulatan Negara
Macam teori kedaulatan menurut para ahli selanjutnya ialah kedaulatan negara. Kedaulatan negara ialah jenis kedaulatan yang kekuasaan tertingginya dipegang oleh negara itu sendiri.

Kedaulatan Hukum
Macam teori kedaulatan menurut para ahli selanjutnya ialah kedaulatan hukum. Kedaulatan hukum artinya kekuasaan tertinggi dipegang oleh hukum sepenuhnya, baik tertulis maupun tidak tertulis. Kedaulatan ini memiliki sifat yang telah diatur dalam hukum dan tidak mutlak.

Kedaulatan Rakyat
Macam teori kedaulatan menurut para ahli yang terakhir ialah kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat artinya kekuasaan tertinggi sepenuhnya dipegang oleh rakyat. Maka dari itu terdapat istilah demokrasi yang artinya dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian kedaulatan dan macam macam teori kedaulatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini