Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol dan Negatif)

Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol dan Negatif) - Dalam pelajaran Matematika terdapat materi mengenai pangkat. Materi ini sering membuat para siswa terkecoh dan membuat kebingungan saat awal pengerjaan. Materi pangkat meliputi perkalian pangkat, pembagian pangkat, pangkat negatif maupun pangkat nol. Maka dari itu terdapat macam macam rumus pangkat seperti rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, dan rumus pangkat negatif.
Sebenarnya materi ini tidak cukup sulit, karena pengerjaannya cukup mudah. Anda juga tidak perlu menghafal rumus yang panjang dan rumit seperti rumus rumus lainnya. Karena rumus pangkat ini cukup sederhana dan mudah dipahami. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, dan rumus pangkat negatif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol dan Negatif)

Dalam pembahasan ini akan saya jelaskan masing masing rumus pangkat yang ada seperti rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, dan rumus pangkat negatif. Kemudian diakhir penjelasan saya juga akan menyertakan kesimpulan rumus rumus yang ada.
Baca juga : Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok Beserta Contoh Soal

Rumus Perkalian Pangkat

Rumus pangkat pertama yang akan saya bahas ialah rumus perkalian pangkat. Anda dapat memperhatkan bilangan berpangkat di bawah ini:
Berdasarkan hasil perkalian pangkat diatas maka dapat disederhanakan menggunakan rumus pangkat. Apabila bilangannya sama dan sejenis maka pangkatnya tinggal dijumlahkan saja. Data diatas memiliki bilangan 2 yang pangkatnya 4 dan 5. Maka dapat disederhanakan menjadi pangkat 4 + 5 = 9. Berikut hasil pangkat menggunakan rumus perkalian pangkat:
Dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa perkalian pangkat dapat disederhanakan menggunakan rumus pangkat. Berikut rumus perkalian pangkatnya:
Rumus perkalian pangkat diatas berlaku untuk operasi bilangan pangkat real.

Rumus Pembagian Pangkat

Rumus pangkat selanjutnya ialah rumus pembagian pangkat. Anda dapat memperhatkan bilangan berpangkat di bawah ini:
Apabila kita perhatikan, penyebut dan pembilangnya memiliki bilangan yang sama. Maka dari itu kita dapat sederhanakan menggunakan rumus pembagian pangkat. Berdasarkan rumus pangkatnya dapat kita peroleh pangkat 6 - 2 = 4 seperti dibawah ini:
Baca juga : Rumus, Sifat dan Contoh Soal Deret Geometri
Dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa pembagian pangkat dapat disederhanakan menggunakan rumus pangkat. Berikut rumus pembagian pangkatnya:

Rumus Pangkat Nol (0)

Nol adalah bilangan yang termasuk istimewa. Maka dari itu, jika sebuah bilangan apapun memiliki pangkat nol maka akan menghasilkan bilangan 1. Berikut pembuktiannya menggunakan rumus pangkat nol:
Berdasarkan pembuktian diatas dapat kita peroleh kesimpulan bahwa seluruh bilangan yang dipangkatkan nol akan bernilai 1. 

Rumus Pangkat Negatif

Bilangan negatif adalah bilangan positif yang diinvers menggunakan operasi penjumlahan. Perhatikan operasi bilangan dibawah ini!
n + (-n) = 0 menjadi (-n) = 0 - n
Berdasarkan operasi di atas dapat kita peroleh bahwa pangkat -n dapat ditulis menjadi 0 - n. Berikut rumus pangkat negatifnya:
Baca juga : Hubungan Antar Satuan Panjang Beserta Contoh
Dibawah ini terdapat beberapa rumus rumus pangkat lengkap:
Demikianlah penjelasan mengenai rumus perkalian pangkat, rumus pembagian pangkat, rumus pangkat nol, dan rumus pangkat negatif. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Rumus Rumus Pangkat (Perkalian, Pembagian, Pangkat Nol dan Negatif)"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini