Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh

Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh - Esai merupakan salah satu karya tulis yang berisi pembahasan masalah yang dikupas sedalam dalamnya oleh penulis yang disertai dengan pendapat orang lain. Selain itu esai juga sering menjadi tugas para mahasiswa yang sedang kuliah. Terkadang cara membuat esai yang baik dan benar tidaklah sulit. Bahkan kita dapat melihat contoh contoh esai melalui media online. Dengan begitu kita mempunyai gambaran bagaimana bentuk esai tersebut.
Pada dasarnya membuat esai tidaklah sulit. Anda hanya perlu menerapkan cara membuat esai yang baik dan benar, serta mengandung isi yang berkualitas. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat esai yang baik dan benar beserta contoh esainya. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh

Dibawah ini terdapat beberapa cara membuat esai yang baik dan benar. Saya juga akan menyertakan contoh esai agar anda lebih memahami bagaimana membuatnya menjadi bagus dan berkualitas. Berikut penjelasannya.
Menentukan Tema Esai
Cara membuat esai yang baik dan benar pertama ialah menentukan tema dari esai. Cara ini merupakan langkah utama sebelum membuat esai. Tema akan berpengaruh terhadap isi dari esai yang anda buat. Penentuan tema ini dapat memudahkan anda dalam menulis apa saja yang terkandung didalam isi. Selain itu tema dapat digunakan untuk menghindari ketidak selarasan antara penjelasan awal dengan penjelasan lainnya.

Cara menentukan tema pada esai cukup mudah. Pilihlah tema yang sedang menjadi perbincangan masyarakat. Dengan begitu pembaca akan tertarik untuk membaca esai anda.

Research Esai
Cara membuat esai yang baik dan benar selanjutnya ialah melakukan research terhadap esai tersebut. Pencarian ini dilakukan untuk membuat esai menjadi lebih berkualitas serta faktual. Pelaksanaan research tersebut dapat melalui buku yang berhubungan dengan tema maupun melalui media internet. 

Dalam esai tersebut memang disertai dengan berbagai pendapat, tetapi alangkah baiknya jika pendapat tersebut berupa opini umum atau gambaran yang berdasar. Dengan begitu tidak ada kejanggalan pendapat antar pembaca.

Buat Outline Esai
Cara membuat esai yang baik dan benar selanjutnya ialah membuat outline esai. Outline (kerangka) merupakan langkah terpenting dalam penulisan esai. Dengan membuat kerangka tersebut, maka anda akan diberi kemudahan dalam membuatnya.

Pembuatan outline juga dapat digunakan untuk membuat esai menjadi lebih rapi dan tersusun dengan baik. Didalam kerangka esai terdapat susunan ide yang akan dikaitkan dengan isi esai tersebut. Pada dasarnya pembuatan outline pada esai bertujuan untuk membuat isinya lebih koherence dan logis.

Pemilihan Kata Yang Tepat
Cara membuat esai yang baik dan benar selanjutnya ialah memilih kata kata yang tepat. Biasanya para siswa/mahasiswa sering menggunakan kata kata yang tidak sesuai. Kesalahan ini terjadi karena kurangnya sistem komunikasi antar penulis.
Pada umumnya pemilihan kata pada esai disesuaikan dengan isi dan calon pembacanya. Jika esai tersebut bertemakan pendidikan, maka informasinya bersifat formal dan bahasanya baku. Sedangkan untuk esai yang sifatnya non formal maka dapat menggunakan bahasa yang santai dan sopan.

Kerjakan Esai
Cara membuat esai yang baik dan benar selanjutnya ialah mengerjakan esai tersebut. Jika tema, kerangka dan pemilihan kata sudah selesai, kemudian dilanjutkan dengan tahap pengerjakan. Tulislah esai yang ingin anda sampaikan untuk pembaca. Selain itu anda juga harus memperhatikan pengaturan layout dan jenis font yang digunakan. Kedua hal ini dilakukan untuk membuat keindahan esai.

Setelah itu kata demi kata, kalimat demi kalimat dirangkai dengan baik agar menjadi esai yang bagus dan berkualitas. Maka dari itu anda dituntut untuk menggunakan bahasa yang tepat. Anda juga harus memperhatikan susunan kata dan kalimatnya. Jangan memaksakan kalimat yang nantinya akan membuat isi esai keluar dari tema awal. Cara membuat esai yang baik dan benar dapat dilakukan dengan urutan bagian penulisan yang baik. Berikut bagian bagian penulisan esainya:
  1. Pendahuluan yakni bagian pertama pada esai yang berisi gambaran secara umum mengenai apa yang akan anda bahas pada isi esai.
  2. Isi merupakan bagian esai yang berisi pembahasan masalah. Isi esai tersebut dapat ditulis dengan bentuk point point per paragraf agar pembaca dapat menangkap maksud yang ingin disampaikan penulis.
  3. Penutup merupakan bagian terakhir esai. Penutup ini berisi kesimpulan apa yang penulis bahas.
Ketiga bagian esai ini saling berhubungan satu sama lain. Dengan begitu tema dan isi dari esai tersebut koherence.

Judul
Cara membuat esai yang baik dan benar selanjutnya ialah menulis judul esainya. Judul ini merupakan hal penting dalam esai karena sangat berpengaruh terhadap minat pembaca. Judul ini dapat ditulis dengan berlebihan atau mendramatisir agar lebih menarik. Dengan begitu pembaca akan penasaran dan tertarik untuk membacanya.

Contoh Esai Yang Baik dan Benar

Agar anda lebih memahami cara membuat esai yang baik dan benar, saya akan menyertakan contoh esai yang baik dan benar. Berikut contohnya:

Pemimpin Segala Organisasi
Sebuah pemimpin dapat dikatakan sebagai titik sentral. Hal ini dikarenakan jika sebuah organisasi tidak memiliki pemimpin maka tidak dapat berjalan sesuai harapan. Bahkan sebuah organisasi dapat berhenti jika tidak disertai leadership dan kepempinan yang dapat diandalkan. Hal ini dikarenakan tidak ada pemimpin yang dapat mengatasi masalah masalah yang timbul, meski masalah sepele sekalipun.

Sebuah organisasi pasti memiliki struktur kepemimpinan yang baik seperti bagian sesksi jabatan dan lain sebagainya. Kepemimpunan yang menjadi titik sentral tersebut dapat menjalankan dan menggerakan jabatan jabatan yang berada dibawahnya.

Bahkan gaya dalam memimpin sebuah organisasi dapat mempengaruhi misi dan visi dari organissi tersebut. Gaya kepemimpinan tersebut berbeda beda karena bentuknya beraneka ragam. Tetapi gaya kemepimpinan ini dapat dipengaruhi oleh cara didik pimpinan dan kepripadian pimpinan tersebut. Untuk jenis pimpinan yang dididik secara moderan akan memiliki gaya kepemimpinan yang lebih demokratis dan moderat. Maka dari itu sang pemimpin akan memiliki sikap terbuka dan mudah berbicara dengan siapa saja.
Untuk pemimpin yang dididik dengan cara militer atau hukum, akan memiliki gaya kempemimpinan yang tegas dan kaku dalam mengambil kebijakan. Selain itu adapula pemimpin yang dididik dengan cara businessman. Pemimpin tersebut akan memiliki kalkulasi dan perhitungan yang baik dalam memimpin sebuah organisasi. Contohnya para politisi di Korea Selatan.

Setiap cara mendidik pemimpin diatas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing dalam memimpin. Selain itu juga dipengaruhi oleh bawahan yang dipimpin, apakah siap atau tidak menggunakan gaya kepemimpinan tersebut. Semua hal yang terdapat dalam organisasi itu saling berkaitan mulai dari pemimpin hingga bawahannya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat esai yang baik dan benar beserta contoh esainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Cara Membuat Esai Yang Baik dan Benar Beserta Contoh"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini