Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat) - Dalam materi Fisika kita sering mendengar istilah suhu. Suhu tersebut memiliki satuan Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin. Skala suhu tersebut memiliki besar yang berbeda beda. Selain itu skala suhu ini sering dijadikan sebagai soal soal ujian sekolah. Maka dari itu setiap siswa diharapkan agar dapat memahami rumus konversi suhu dan menerapkannya dalam contoh soal konversi suhu. Sering kali para siswa dihadapkan pada soal konversi skala suhu celcius menjadi fahrenheit, dan lain sebagainya.
Suhu ialah ukuran atau tingkatan panas dan dingin sebuah benda. Untuk mengukur besarnya suhu biasanya menggunakan alat bernama Thermometer. Alat ukur tersebut dapat digunakan untuk mengukur suhu badan seseorang maupun suhu benda tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)

Sebelum membahas tentang rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu, saya akan menjelaskan macam macam skala suhu terlebih dahulu. Berikut beberapa macam skala suku beserta penjelasannya:
Baca juga : Rumus Usaha Dalam Fisika Beserta Contoh Soalnya
Skala Celcius
Skala suhu yang pertama ialah Celcius. Skala ini pertama kali ditemukan oleh Sarjana Swedia yang bernama Andreas Celcius. Skala suhu tersebut memiliki titik beku air sebesar 0ᵒC serta titik didih air sebesar 100ᵒC.

Skala Reamur
Skala suhu selanjutnya ialah Reamur. Skala suhu ini pertama kali ditemukan oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur. Skala suhu Reamur memiliki titik beku air sebesar 0ᵒR serta titik didih air sebesar 80ᵒR.

Skala Kelvin
Skala suhu selanjutnya ialah Kelvin. Skala suhu ini pertama kali ditemukan oleh Lord Kelvin. Berdasarkan pendapatnya jika suhu memiliki besar 0ᵒ maka dianggap mutlak. Suhu nol mutlak tersebut dapat diperoleh jika partikel tidak bergerak dan tidak memperoleh panas apapun. Hal ini dikarenakan kalor sebanding dengan kebutuhan energi kinetik pada partikel tersebut. Besar 0ᵒK sama dengan -273,15ᵒC. Skala suhu Kelvin memiliki titik beku air 273ᵒK dan titik didih air 373ᵒK.

Skala Fahrenheit
Skala suhu yang terakhir ialah Fahrenheit. Skala suhu ini ditemukan oleh Gabriel Fahrenheit selaku ilmuan dari Jerman. Penggunaan skala suhu Fahrenheit paling banyak dinegara Amerika Serikat. Fahrenheit menerapkan campuran Es dan Garam untuk memperoleh titik beku air sebesar 32ᵒF serta titik didih air sebesar 212ᵒF.

Rumus Konversi Suhu

Rumus konversi suhu ini digunakan untuk menyatakan suhu dalam skala tertentu ke skala lainnya. Dengan kata lain skala suhu Celcius dapat diubah atau dikonversi menjadi skala suhu Reamur, Kelvin dan Fahrenheit ataupun sebaliknya. Berikut tabel rumus konversi suhu lengkap:

Contoh Soal Konversi Suhu

Setelah memahami rumus konversi suhu diatas, selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal  konversi suhu. Untuk contohnya saya mengambil skala Celcius yang dapat diubah atau dikonversi menjadi skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.
Baca juga : Rumus Massa Jenis (Densitas) Beserta Satuan dan Contoh Soalnya
Konversi Skala Celcius Menjadi Reamur
Untuk contoh soal konversi suhu yang pertama ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Reamur. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:
R = (4/5) C
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Reamur!

Jawab.
R =  (4/5) C
    = 4/5 x 150
    = 120
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 120ᵒR.

Konversi Skala Celcius Menjadi Fahrenheit
Untuk contoh soal konversi suhu selanjutnya ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Fahrenheit. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:
F = (9/5) C + 32
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Fahrenheit!

Jawab.
F = (9/5) C + 32
   = (9/5 x 150) + 32
   = 270 + 32
   = 302
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 302ᵒF.

Konversi Skala Celcius Menjadi Kelvin
Untuk contoh soal konversi suhu selanjutnya ialah mengubah skala Celcius menjadi skala Kelvin. Cara mengubahnya dapat menggunakan rumus konversi suhu dibawah ini:
K = C + 273
Contoh Soalnya
Sebuah benda memiliki suhu sebesar 150ᵒC. Hitunglah besar suhu benda tersebut dalam skala Kelvin!

Jawab.
K = C + 273
    = 150 + 273
    = 423
Jadi suhu benda sebesar 150ᵒC sama dengan 423ᵒK.

Sekian penjelasan mengenai rumus konversi suhu dan contoh soal konversi suhu. Mengubah atau mengkonversi skala suhu yang satu dengan yang lainnya dapat dilakukan menggunakan rumus yang sesuai. Namun yang perlu kita ketahui bahwa setiap skala suhu memiliki besar titik beku dan titik didih air yang berbeda beda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Rumus Konversi Suhu Beserta Contoh Soal (Cara Cepat)"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini