Nama Nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatannya

Nama Nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatannya - Indonesia termasuk ke dalam negara yang demokrasi dan republik. Hal tersebut membuat bangsa ini mengalami 6 pergantian Presiden dan Wakil Presiden, mulai dari pemerintahan Presiden Soekarno sampai pemerintahan Presiden Jokowidodo sekarang ini. Nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tersebut berbeda beda, mulai dari sistem pemerintahannya sampai kebijakan yang diberikan. Selain itu adapula masa jabatan presiden dan wakil presiden Indonesia dikala itu. Presiden berwenang sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan.

Nama presiden Indonesia
Seorang presiden memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tugasya sesuai dengan dasar  hukum bangsa Indonesia yaitu Undang Undang dan Konstitusi. Seorang pemimpin akan membawa negaranya menjadi lebih berdaulat dan memakmurkan rakyatnya. Pada dasarnya sebuah negara pasti memiliki pemimpin, baik seorang Presiden, Raja, Perdana Menteri dan sebagainya. Namun bangsa Indonesia mengenal adanya sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Presiden dan Wakil Presiden. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia beserta masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nama Nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatannya

Indonesia mengalami 6 kali pergantian Presiden sampai sekarang disertai pergantian wakil presiden. Nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tersebut memiliki masa jabatannya masing masing. Masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia berbeda beda. Berdasarkan bahasa Latin kata Presiden berarti "Prae" yang maknanya sebelum dan "Sedere" yang maknanya menduduki. Pengertian presiden secara umum yaitu nama jabatan yang tugasnya memimpin sebuah negara, organisasi, perusahaan ataupun perguruan tinggi.
Baca juga : Organisasi Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang
Istilah nama Presiden pertama kali digunakan seseorang untuk memimpin rapat atau acara tertentu. Namun nama ini mulai berkembang menjadi nama jabatan seseorang yang memiliki kekuasaan eksekutif. Nama presiden tersebut digunakan sebagai nama kepala negara Republik Indonesia, baik pemilihannya secara pemilihan umum ataupun tidak. Dalam melaksanakan tugasnya, Presiden dibantu oleh Wakil Presiden beserta anggota pemerintahan. Apabila seorang Presiden berhenti atau berhalangan, maka akan digantikan oleh Wakil Presiden. Dibawah ini terdapat nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia beserta masa jabatannya.

Nama Nama Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatan
  1. Ir. Soekarno. Beliau merupakan Presiden pertama bangsa Indonesia dengan masa jabatan pada tanggal 18 Agustus 1945 sampai 12 Maret 1967.
  2. Soeharto. Presiden kedua Indonesia ialah Soeharto dengan masa jabatan 12 Maret 1967 sampai 21 Mei 1998.
  3. Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ketiga ini memiliki masa jabatan paling singkat yaitu pada tanggal 21 Mei 1998 sampai 20 Oktober 1999.
  4. Abdurrahman Wahid. Beliau merupakan Presiden ke empat Republik Indonesia dengan masa jabatan 20 Oktober 1999 sampai 23 Juli 2001.
  5. Megawati Soekarnoputri. Presiden ini termasuk Presiden wanita pertama kali di Indonesia dengan masa jabatan 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.
  6. Susilo Bambang Yudhoyono. Pada saat itu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan dengan cara pemilu (pemilihan umum) oleh rakyat. Beliau memiliki masa jabatan 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2014.
  7. Joko Widodo. Beliau merupakan Presiden ke 7 negara Indonesia yang masa jabatannya 20 Oktober 2014 sampai sekarang.
Nama Nama Wakil Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatan
  • Muhammad Hatta. Beliau memiliki masa jabatan 18 Agustus 1945 sampai 1 Desember 1956.
  • Hamengkubuwano IX. Wakil Presiden ini memiliki masa jabatan 24 Maret 1973 sampai 23 Maret 1978.
  • Adam Malik Batubara. Wakil Presiden ini memiliki masa jabatan 23 Maret 1978 sampai 11 Maret 1983.
Baca juga : Sejarah Agresi Militer Belanda 1 dan 2 Lengkap
  • Umar Wirahadikusumah. Wakil Presiden ini memiliki masa jabatan 12 Maret 1983 sampai 11 Maret 1988.
  • Soedharmono. Beliau memiliki masa jabatan 11 Maret 1988 sampai 11 Maret 1993.
  • Try Sutrisno. Beliau memiliki masa jabatan 11 Maret 1993 sampai 11 Maret 1998.
  • Bacharuddin Jusuf Habibie. Wakil Presiden ini memiliki masa jabatan 11 Maret 1998 sampai 21 Mei 1998.
  • Megawati Soekarnoputri. Wakil Presiden ini memiliki masa jabatan 20 Oktober 1999 sampai 23 Juli 2001.
  • Hamzah Haz. Wakil Presiden Indonesia ini memiliki masa jabatan 26 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.
  • Muhammad Jusuf Kalla. Wakil Presiden Indonesia ini memiliki masa jabatan 20 Oktober 2004 sampai 20 Oktober 2009.
  • Boediono. Wakil Presiden Indonesia ini memiliki masa jabatan 20 Oktober 2009 sampai 20 Oktober 2014.
  • Muhammad Jusuf Kalla. Wakil Presiden Indonesia ini memiliki masa jabatan 20 Oktober 2014sampai sekarang. 
Nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia diatas saya sertai dengan masing masing masa jabatannya. Masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia berbeda beda. Dibawah ini terdapat daftar lengkap mengenai nama Presiden beserta Wakil Presiden yang pernah menjabat di Indonesia.
Baca juga : Penerapan Sistem Liberalisme oleh Raffles dan Belanda di Indonesia
Sekian penjelasan mengenai nama nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia beserta masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Indonesia mengalami 6 pergantian Presiden dan Wakil Presiden, mulai dari pemerintahan Presiden Soekarno sampai pemerintahan Presiden Joko Widodo sekarang ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Ikuti kami untuk mendapatkan materi terbaru:

0 Response to "Nama Nama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Beserta Masa Jabatannya"

Post a Comment

Yuk berikan komentarmu tentang artikel ini